Sebaiknya Bawa Pulang 5 Brand Lokal ini Jika ke Banda Aceh

Buktikan dengan oleh-oleh ini kalau Anda baru saja pulang dari Banda Aceh.

By Rahmat Aulia

Oleh-oleh wajib Anda bawa pulang jika bepergian ke suatu tempat. Sudah kebiasaan orang Melayu meminta oleh-oleh kepada teman atau sanak saudara yang akan bepergian. Dan begitu pulang, Anda segera ditodong dengan pertanyaan ‘mana oleh-oleh?’

Kita mengenal ‘gantungan kunci’, ‘kaos bertuliskan nama kota yang dikunjungi’ dan ‘gelang’ sebagai oleh-oleh sejuta umat yang pasti akan ada di setiap kota. Dan biasanya oleh-oleh ini pasti menjadi incaran setiap wisatawan karena harganya murah dan ringan dibawa pulang.

Begitupun dengan berwisata di Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh yang terletak di ujung barat Indonesia ini. Walau hanya seluas 61,23 km2 tapi kota yang satu ini mempunyai beragam oleh-oleh yang sayang dilewatkan.

Lima brand lokal berikut akan menjadi oleh-oleh tak biasa yang hanya akan Anda temukan jika berkunjung ke Banda Aceh. Apa saja?

Ija Kroeng


Produk lokal ini menggunakan kosa kata dalam Bahasa Aceh untuk merek dagangnya. Orang Aceh menyebut kain sarung dengan sebutan ‘Ija Kroeng’. Sebutan inilah yang digunakan Khairul pemilik usaha Ija Kroeng untuk brand produknya.

Sarung menjadi sahabat terbaik bangsa Melayu sejak dahulu. Hampir tiap hari kita mengenakan sarung untuk salat, tidur atau santai di pagi hari.

Menggunakan motif khas Aceh dengan bahan kain terbaik, membuat produk Ija Kroeng diminati banyak orang termasuk wisatawan. Desainnya elegan dan trendy, serta cocok dipakai oleh segala usia.

Alamat: Jl. Teuku Umar, Lr. Mahya No. 51, Seutui, Kota Banda Aceh

Jam buka: 09.00-22.00 WIB

CP: +62 853 2091 0099


Cilet Coklat


Didi Nuriel, pemilik bisnis Cilet Coklat dulunya merupakan pegawai di sebuah BUMN. Menjalani hidup yang monoton sebagai pegawai kantoran dirasa kurang menantang oleh Didi. Hingga akhirnya ia keluar dan mendirikan usaha Cilet Coklat.

Produk bisnisnya cukup digandrungi oleh masyarakat Kota Banda Aceh terutama kaum hawa. Berbagai produk olahan coklat seperti coklat batang, coklat tulis, hingga coklat mancur, dapat dipesan untuk berbagai keperluan.

Menggunakan kakao Aceh sebagai bahan bakunya, membuat produk cokelat Cilet Coklat bisa dijual dengan harga terjangkau.

Bagi Anda yang berkunjung ke Banda Aceh jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke outlet Cilet Coklat untuk merasakan nikmatnya cokelat asli dari Aceh, sekaligus melihat ragam pernak-pernik dari cokelat.

Alamat: Jl. T. Panglima Nyak Makam, Lambhuk, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh

Jam buka: 10.00-20.00 WIB.

CP: +62 813 6007 6077


Kopi Brownies Atjeh


Apakah Anda seorang penikmat brownies? Dan apakah pernah merasakan brownies rasa kopi di daerah penghasil kopi terbaik dunia? Jika belum, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Kopi Brownies Atjeh yang merupakan produk lokal dari Banda Aceh.

Oleh-oleh ini bisa Anda dapatkan begitu turun dari pesawat di Bandara Sultan Iskandar Muda, atau bisa juga dengan datang langsung ke tempat produksinya di kawasan Peunayong dan Lampineung.

Anda harus mencicipi menu spesial Kopi Brownies Atjeh seperti Brownies Kupi yang adonannya dominan menggunakan kopi arabika yang bersumber  dari Tanah Gayo. Nikmati juga kelezatan Brownies Coklat, Brownies Pandan, dan Pao Kupi.

Alamat: Jl. Sri Ratu Safiatuddin No. 50, Peunayong, Kuta Alam & Jl P. Nyak Makam No. 55, Lampineung.

Jam buka: 08.00–22.00 WIB

CP: +62 823 6558 9322


Minyeuk Pret


Tinggal ‘pret’ saja maka akan membuat Anda percaya diri sepanjang hari. Nah! di Banda Aceh ada satu produk lokal berupa parfum. Minyeuk Pret namanya.

Minyeuk Pret merupakan kata dalam Bahasa Aceh untuk menyebutkan minyak wangi. Minyeuk berarti minyak dan pret berarti semprot.

Saat ini Minyeuk Pret tersedia dalam tiga aroma khas; Kopi, Bunga Meulu dan Bunga Seulanga. Diolah dari nilam terbaik dunia yang berasal dari Aceh, Minyeuk Pret bisa menjadi pilihan oleh-oleh jika ke Banda Aceh.

Anda bisa datangi langsung tempat produksi Minyeuk Pret di Gampong Lam Ara atau kunjungi outlet yang telah bekerjasama dengan Minyeuk Pret, yaitu Pusaka Souvenir di Peunayong, Citra Souvenir di Lampineung, Chanting Souvenir di Batoh, dan Dekranas kota Banda Aceh.

Alamat: Jl. Wedana, No.104, Ds. Lam Ara, Kec. Banda Raya, Banda Aceh

Jam buka: 09.00-17.00 WIB

CP: +62 811 6891 900


Alubu Food (Bumbu Mie Aceh)

A post shared by Alubu Food® (@alubufood) on


Salah satu kuliner Aceh paling diminati wisatawan adalah Mie Aceh. Anda belum sah rasanya ke Aceh kalau belum mencoba lezatnya Mie Aceh. Mie kuning yang dimasak dengan bumbu khusus ini tersedia dalam tiga pilihan: goreng, tumis, dan kuah. Semuanya lezat dan maknyus.

Bagi Anda yang berkunjung ke Banda Aceh dan ingin mencoba membuat Mie Aceh di rumah, tidak salahnya membeli Alubu Food. Produk asli Banda Aceh ini merupakan bumbu Mie Aceh yang telah diolah sedemikian rupa.

Alubu Food tersedia dalam dua pilihan: kaleng dan sachet. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko suvenir semisal Toko Suvenir Tradisi Aceh, Rencong Aceh, Graha, Putroe Suvenir dan Pasar Aceh.

Alamat: Jl. Mujahidin No. 1, Lambaro Skep

CP: +62 812 6273 9427

Photo Cover by Mustawazir