Ratusan Pemancing Meriahkan Banda Aceh Fishing Tournament

Turnamen memancing ini berlangsung sehari penuh dan dibagi dalam dua kelas, yakni kelas tradisional yang diikuti 550 peserta dan kelas umpan buatan 200 peserta.

Di bawah matahari pagi yang terik, sebanyak 770 pemancing memadati pantai Gampong Jawa, Banda Aceh, pada Minggu, 9 Desember 2018. Para pemancing terlihat berjejer di atas batu seraya menanti umpan di kail joran dimakan ikan.

Pantai Gampong Jawa selama ini memang menjadi spot memancing ikan bagi penghobi mancing. Di samping itu hampir saban sore, nelayan setempat melakukan tarik pukat, suatu tradisi turun-tumurun bagi penduduk pesisir Aceh. Pantai ini juga menjadi salah satu jalur keluar masuk kapal nelayan berukuran kecil hingga sedang.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman yang membuka langsung lomba memancing tersebut ingin menunjukkan kepada masyarakat luas, bahwa kota ini memiliki kekayaan laut yang melimpah. Potensi laut ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pariwisata maupun mengundang investor.

“Ini (lomba memancing) sudah kita gelar empat kali, tahun depan juga akan digelar lagi. Nanti di lokasi ini akan kita bangun fasilitas pendukung,” kata Aminullah Usman saat membuka lomba.

Banda Aceh Fishing Tournament yang dihelat dalam rangka mempromosikan kota ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Untuk menambah semangat para peserta, Wali Kota akan membeli tiga ikan terbesar yang bisa diperoleh pemancing. Apresiasi itu diberikan wali kota di luar hadiah yang ditetapkan penyelenggara.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, Rizha dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini digelar dalam rangka menerjemahakan visi-misi Wali Kota Banda Aceh, di mana salah-satu prioritas pembangunan ekonomi kerakyatan dari sektor wisata.

Turnamen memancing ini berlangsung sehari penuh dan dibagi dalam dua kelas, yakni kelas tradisional yang diikuti 550 peserta dan kelas umpan buatan 200 peserta.

Pantai Gampong Jawa memiliki panorama yang indah, jadi bagi Anda yang berada di Banda Aceh bisa menikmati matahari terbenam di sini. Seraya menikmati senja, ada berbagai makanan dan minuman yang bisa Anda pesan.

Tidak jauh dari Pantai Gampong Jawa, di kawasan Gampong Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Pemkot Banda Aceh mengembangkan wisata basket fishing dengan memanfaatkan nelayan setempat.

Wisata basket fishing menyediakan beberapa paket wisata, seperti memancing di laut, snorkling, dan berkeliling ke Pulau Aceh dan Sabang. Wisatawan juga bisa mengambil kepiting atau lobster yang masuk dalam keramba yang sudah ditaruh pengelola pada malam hari. Menarik bukan?[]

 

Laporan : Munawar Hafizhi

Fotografer : Mustawazir