Pisang Sale, Yang Manis dan Legit dari Banda Aceh #Cullinary

Makanan ini terbuat dari bahan baku pisang yang kaya akan kandungan potasium.

BILA Anda berwisata ke Banda Aceh, tak perlu bingung ingin membeli penganan apa sebagai oleh-oleh. Ada banyak jenis oleh-oleh yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang, salah satunya ialah pisang salai atau pisang sale. Makanan ini terbuat dari bahan baku pisang yang kaya akan kandungan potasium.

Pisang sale merupakan salah satu camilan khas Aceh yang sehat dan aman dikonsumsi karena bebas pengawet. Dibuat melalui proses yang unik, yaitu dengan cara pengasapan dan pembakaran sehingga warnanya menjadi cokelat kehitaman. Namun tidak menghilangkan cita rasa dan tekstur pisang yang manis dan legit setelah diolah.

Oleh-oleh ini bisa dibeli di kawasan Peunayong, salah satu kawasan pusat perdagangan dan kuliner di Banda Aceh. Atau, bila Anda ingin melihat langsung proses pembuatannya, Anda bisa bertandang ke tempat pengolahannya di Gampong Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Usaha yang dikelola sebagai industri rumah tangga ini menghabiskan puluhan tandan pisang setiap harinya untuk diolah.

Proses pengolahan pisang sale bisa dikatakan lumayan panjang. Dimulai dari memilih pisang berkualitas baik, dibersihkan dengan cara dibuang kulitnya, barulah diasapkan yang memakan waktu hingga 48 jam. Masih ada proses lanjutan, daging pisang yang sudah diasapin kemudian dipipihkan agar bentuknya jadi good looking, dijemur, barulah digoreng dan dimasukkan dalam kemasan. Produk pun siap diedarkan ke pasaran. Dengan proses pengolahan yang terbilang lama tersebut, harga yang dipatok per kilogramnya terbilang ekonomis, hanya Rp50 ribu.

Sebagai daerah yang kaya akan kuliner dan makanan khas, pisang sale sudah lama menjadi penganan khas masyarakat Aceh. Penganan ini awalnya banyak dikonsumsi dan dijual di daerah pesisir Aceh seperti Aceh Utara dan Aceh Timur. Seiring waktu, pisang sale makin sering ditemukan di warung kopi, bahkan saat lebaran tiba. Penganan ini dinamakan pisang sale karena dalam pengolahannya pisang diasapi atau disalai terlebih dahulu.

Dengan keunikan rasanya tak heran bila jajanan ini sering menjadi incaran wisatawan khususnya dari Malaysia. So, jangan lewatkan kesempatan mencicipi atau membeli pisang sale khas Banda Aceh sebagai oleh-oleh bila kamu berkunjung ke ibu kota Provinsi Aceh ini.[]

 

Laporan Abdul Hadi Firsawan