Utamakan Kuliner Lokal dalam Setiap Jamuan

Foto: Ahmad Ariska

Foto: Ahmad Ariska

Banda Aceh – Kabar baik bagi keberlangsungan kuliner para leluhur di Aceh. Pemerintah Aceh mengimbau agar para bupati/walikota di wilayah Aceh dapat mengutamakan kuliner lokal dalam setiap jamuan maupun kegiatan.

Hal itu sesuai dengan Surat Himbauan Pemerintah Aceh bernomor 520/24390 tentang himbauan mengutamakan kuliner lokal. Surat itu disampaikan sebagai bentuk respon positif Pemerintah Aceh terhadap surat Menteri Dalam Negeri RI Np. 412.25/2529/SJ/2014 tanggal 20 Mei 2014.

Dalam surat tersebut, menteri mengimbau kepada gubernur, bupati/walikota seluruh Indonesia untuk mengutamakan produk makanan lokal sebagai jamuan dalam setiap kegiatan. Tujuannya untuk menjaga kelestarian dan meningkatkan kecintaan terhadap produk makanan lokal.

Selain itu juga sebagai wujud dukungan kepada para petani dan UMKM pangan berbasis bahan baku lokal. “Kesadaran menumbuhkan kecintaan terhadap kuliner lokal memang harus ditingkatkan. Salah satunya dengan jamuan kuliner daerah seperti ini,” kata Sekretaris daerah Aceh, Dermawan dalam siaran persnya.

Aceh dikenal kaya dengan kulinernya. Selama ini banyak makanan tradisional yang ditinggal dalam jamuan kegiatan pemerintahan maupun lainnya, terutama saat menjamu tamu dari luar daerah. Dengan himbauan tersebut, kuliner tradisional Aceh dapat berjaya. [Rilis|AW]