Sekda Minahasa Utara: Banda Aceh Itu Indah

Foto: Humas

Foto: Humas


Banda Aceh – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Utara Ir Sandra Moniaga MSi ‎menyebut Banda Aceh sebagai salah satu kota terindah di Indonesia yang pernah ia kunjungi. Meskipun telah beberapa kali berkunjung, namun ketertarikannya terhadap ibukota Provinsi Aceh ini belumlah pudar. “Banda Aceh itu indah, saya pribadi sudah tiga kali kemari,” katanya.

Hal itu diungkapkannya saat berkunjung ke Balai Kota Banda Aceh, Kamis 3 Desember 2015. Dia dan romobongan disambut oleh Asisten Administrasi Umum Setdako Banda Aceh M Nurdin bersama sejumlah Asisten, Staf Ahli dan Kabag.

Sandra mengatakan tujuannya datang untuk belajar sejumlah aplikasi berbasis TIK terutama e-Kinerja yang diterapkan Pemko Banda Aceh dalam rangka mewujudkan e-Goverment. “Mohon izin agar aplikasi ini dapat kami terapkan di Minahasa Utara,” katanya lagi.

Menanggapi hal itu, Nurdin mengungkapkan, selain e-Kinerja, ada juga beberapa aplikasi yang telah dirancang pihaknya seperti e-Disiplin, dan Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) Online. “Semua aplikasi itu konsepnya merah putih. Kalau ada yang ingin memiliki kami persilakan,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, aplikasi e-Kinerja telah diadopsi oleh banyak pemerintah daerah di Aceh maupun di Indonesia, antara lain Aceh Tamiang, Aceh Timur, Banyuwangi, dan Pangkal Pinang. “Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dan Kemendagri juga memakai aplikasi ini yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan mereka.”

Di Banda Aceh, Sandra bersama rombongan ikut melakukan city tour ke beberapa lokasi wisata dan kuliner yang tersebar di setiap sudut kota. [AW|Ril]