Gerakan Beli Produk Aceh Diluncurkan di Banda Aceh

beli produk aceh
Banda Aceh – Kota Banda Aceh mendeklarasikan ‘Gerakan Beli dan Bela Produk Aceh’, untuk membangkitkan perekonomian serta menghidupkan industri lokal. Deklarasi dilakukan dalam seminar digelar Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) di Balai Kota Banda Aceh.

Deklarasi dihadiri sejumlah pengusaha muda Aceh. Presiden IIBF, Heppy Trenggono ikut hadir dalam acara pada Jumat, 8 Mei 2015.

Sekjen IIBF Aceh, Deni Faelani mengatakan, salah satu cara membangkitkan perekonomian Aceh adalah dengan menghidupkan transaksi ekonomi lokal dengan cara saling membeli produk-produk lokal.

Menurutnya ada dua hal yang harus dibangun oleh pengusaha di Aceh, yaitu karakter dan kompetensi. “Hal tersebut harus didukung dengan pembangunan karakter masyarakat, yaitu meningkatkan kesadaran untuk membeli dan membela produk lokal serta langkah tersebut tentunya dapat menghidupkan persaudaraan,” ujar Deni.

“Pendeklarasian (beli dan bela produk Aceh) ini sebagai wujud untuk mencintai dan memakai produk lokal. Diharapkan hal tersebut harus didukung oleh pemerintah,” sebutnya.

Pakar Ekonomi dari Universitas Syiah Kuala, DrIskandar Madjid menilai perekonomian Aceh hingga kini masih sangat tergantung pada anggaran pemerintah, akibat belum tumbuhnya industri.

Ketua IIBF Aceh, Putra Chamsyah mengajak, masyarakat khususnya anak muda untuk berwirausaha. “Pemerintah diharapkan mampu untuk mendorong mereka,” ujarnya. [SM]