Bangka Tengah Pelajari Wisata Islami Banda Aceh

Foto: Humas Banda Aceh

Foto: Humas Banda Aceh


Banda Aceh – Delegasi Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yang dipimpin Wakil Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh melakukan kunjungan ke Banda Aceh. Ibun Saleh bersama sejumlah anggota DPRD dan para Kepala SKPD disambut Wakil Wali Kota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin, Selasa 28 Juni 2016 di ruang rapat Wali Kota, Gedung A, Balaikota Banda Aceh.

“Kami lihat Banda Aceh sudah lebih dulu melaunching Islamic Tourism, dan hasilnya kami lihat sangat signifikan. Kami ingin belajar,” ujar Ibnu Saleh.

Menurutnya, Bangka Tengah punya modal untuk mengembangkan pariwisata, pantai-pantai di Bangka sudah dibeli oleh Pemkab untuk dikembangkan. Ada juga kawasan hutan karet yang juga menarik untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Bangka Tengah dengan populasi 170.000 jiwa, memiliki sumber ekonomi dari sisa tambang timah yang kemudian menjadi danau. Selain itu, pertanian juga merupakan sumber ekonomi, terutama dari sektor lada, karet dan sawit.

Sementara itu, salah-satu anggota DPRD Bangka Tengah, Maryam melihat ada keunikan dari wisata di Banda Aceh yang bisa berjalan beriringan dengan syariat Islam. “Saya sudah empat kali ke Banda Aceh, saya lihat Banda Aceh mampu membuktikan pariwisatanya berjalan beriringan dengan syariat Islam.”

Menurutnya, wisata di Banda Aceh tidak identik dengan dunia malam. Ini menarik dan sangat mungkin diterapkan di Bangka Tengah yang warganya asli Melayu dan punya kesamaan karakter dengan Banda Aceh.

Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal mengatakan Banda Aceh merupakan salah-satu destinasi wisata halal di Indonesia yang telah ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia beberapa waktu yang lalu. “Kehidupan dan kegiatan umat Islam di Banda Aceh ini yang menjadi daya tarik wisatan. Seperti di bulan Ramadan ini,” ujarnya. [AW|MKK]