Banda Aceh Dinobatkan Sebagai Kota Terbaik 2015

Foto: Humas Pemerintah Aceh

Foto: Humas Pemerintah Aceh

Jakarta – Kota Banda Aceh kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Kali ini Ibu Kota Provinsi Aceh dinobatkan sebagai kota terbaik dalam ajang Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2015 dengan predikat gold.

Penghargaan IAA tersebut diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi kepada Wali Kota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal di Ballroom I, Hotel Mulia, Jakarta, Jumat, 12 Juni 2015.

Malam penganugerahan IAA 2015 dibuka oleh Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla. IAA merupakan penghargaan bagi penyelenggara daerah terbaik, yang diselenggarakan Tempo Media Group bekerjasama dengan Frontier Consulting Group. Penilaiannha mencakup empat unsur; infrastruktur, pariwisata, pelayanan publik, dan investasi.

Penganugerahan IAA 2015 ikut dihadiri pula Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo, Menteri Pariwisata Areif Yahya, Direktur Utama PT Tempo Media Grup, Bambang Harymuti, Direktur Tempo Media Grup, Toriq Hadad dan CEO Frontier Consulting Grup, Handi Irawan.

Menurut Handi Irawan, metode survei yang digunakan sebagai tolok ukur penilaian adalah kontribusi PDRB dari 508 kabupaten/kota. Kemudian surveinya mengerucut menjadi 112 kabupaten/kota. Survei ini melibatkan 9.296 responden yang terdiri atas 336 investor dan 8.960 publik. [SM]