Gemilangnya Jalan Santai

Remaja tanggung asal Lambaro tak menyangka dapat hadiah satu mobil hatchback.

by Munawar Hafizi

Kota Banda Aceh telah memasuki usia 813 tahun. Di usia semakin tua ini, Pemko Banda Aceh menggelar Jalan Santai Gemilang sebagai event pembuka. Sebanyak 27 ribu lebih peserta ikut memeriahkan event yang menyediakan satu unit mobil sebagai hadiah utama.

Warga sangat antusias mengikuti jalan santai pada Sabtu, 14 April 2018. Terbukti sejak jam 6.30 pagi, peserta mulai memadati lapangan Blang Padang. Tidak hanya dari Banda Aceh, warga Aceh Besar juga turut memeriahkan Jalan Santai Gemilang.

Tim Banda Aceh Tourism harus memarkir kendaraan di Museum Tsunami yang berjarak beberapa meter dari Blang Padang. Maklum, parkiran di lokasi utama sudah penuh.

Memulai start dari lapangan Blang Padang, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, memimpin Jalan Santai Gemilang menyusuri jalan depan SMA 1 Banda Aceh – Jalan KH Ahmad Dahlan – Merduati – Jalan Cut Meutia, hingga finish kembali kembali di lapangan Blang Padang.

Keceriaan peserta terlihat dari usia muda hingga tua. Bahkan tampak beberapa warga mengikutsertakan bayi yang diletakkan dalam baby stroller.

Rahma Yanti, peserta Jalan Santai Gemilang yang ikut bersama keluarganya, malah membeli tiket sehari sebelum hari H karena mengetahui ada satu unit mobil disediakan sebagai hadiah utama.

Meskipun tidak beruntung mendapatkan undian hadiah, namun Rahma sangat senang melihat antusias warga mengikuti event awal HUT Kota Banda Aceh ini. Peserta seramai itu membuatnya tercengang.

peserta Jalan Santai Gemilang

Peserta memadati Lapangan Blang Padang.

peserta Jalan Santai Gemilang

Peserta Jalan Santai Gemilan diikuti oleh anak-anak hingga orangtua.

***

Wajah Zulkhaidar terlihat pucat. Tangannya gemetar saat memegang kunci replika mobil yang diserahkan langsung secara simbolis oleh Wali Kota Banda Aceh.

Toyota Agya menjadi miliknya sekarang.

peserta Jalan Santai Gemilang

Zulkhaidar saat menerima hadiah mobil dari Walikota Banda Aceh secara simbolis.

“Semalam saya memang bermimpi akan mendapatkan hadiah dalam acara ini. Namun bukan mobil, tapi kereta (sepeda motor),” ujar remaja asal Gampong Gani Blang Bintang, Aceh Besar.

Zulkhaidar merupakan remaja beruntung. Putra seorang tukang pangkas rambut di Pasar Lambaro Aceh Besar ini tak menyangka dapat mobil. Ia sujud syukur di pentas.

Setelah menerima penyerahan Agya, beberapa warga berbondong-bondong menghampiri Zulkhaidar untuk memberikan ucapan selamat. Ada yang menyarankan agar hadiah tersebut tak dijual karena merupakan anugerah dari Allah.

Rahma Yanti mengapresiasi Pemko Banda Aceh yang menyediakan hadiah utama satu unit mobil. Ia berharap pada event selanjutnya disediakan hadiah yang lebih besar dan lebih banyak.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman tampak sumringah hari itu. Dia mengapresiasi keikutsertaan warga memeriahkan Jalan Santai Gemilang. Ia girang karena peserta mencapai 27 ribu orang, yang awalnya diprediksi hanya 20 ribu.

“Ini adalah gerakan kita untuk mencintai Banda Aceh. Insya Allah warga semakin mencintai kotanya. Dengan acara ini semoga Banda Aceh akan semakin maju ke depan,” ujarnya.

Aminullah sempat menyatakan, pada HUT Kota Banda Aceh tahun depan, akan menyedikan hadiah utama lebih besar, yaitu 1 unit rumah tipe 36. Amin… []

Foto by Mustawazir