Fakta 3: Panduan Perjalanan ke Banda Aceh

Memahami informasi ini dengan baik akan membantu anda dalam merencanakan perjalanan ke ujung barat Indonesia.

By Rahmat Aulia

Jika anda adalah warga dari 75 negara berikut ini maka anda tidak perlu pusing mengurus visa jika ingin berwisata ke Indonesia. Karena anda cukup membuat Visa on Arrival. Cek di sini.

Kota Banda Aceh di ujung barat Indonesia siap menyambutmu. Untuk kebutuhan administrasi lainnya saat di Banda Aceh, anda bisa mendatangi Kantor Imigrasi Banda Aceh atau melalui websitenya.

Datang ke Aceh

Perjalanan ke Banda Aceh dapat ditempuh melalui jalur udara dan darat. Jika anda dari benua Amerika, Eropa, Afrika, maupun selain Asia Tenggara, penerbangan ke Banda Aceh akan melalui rute Singapura atau Kuala Lumpur.

Dari Kuala Lumpur, sudah ada penerbangan langsung ke Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Ada juga penerbangan yang lebih dulu transit di Kualanamu, Medan, sebelum melanjutkan ke Banda Aceh.

Wisatawan domestik biasanya datang ke Banda Aceh melalui rute penerbangan Jakarta – Banda Aceh atau Jakarta – Medan – Aceh.

Jika ingin merasakan trip darat yang spektakuler, naiklah bus dari Medan, Sumatera Utara, dengan rute Medan – Banda Aceh di lintas timur atau Medan – Singkil – Banda Aceh di lintas barat selatan. Perjalanan darat ini akan menyuguhi pemandangan alam yang apik.

Mata Uang

Masyarakat Banda Aceh dalam transaksi jual beli menggunakan mata uang rupiah. Jika anda berkunjung ke Banda Aceh, tidak perlu gundah karena di Bandara Sultan Iskandar Muda tersedia beberapa gerai money changer yang siap melayani kapan saja.

Penukaran mata uang juga bisa dilakukan di sejumlah gerai money changer di Banda Aceh. Cara lain, anda bisa menukar mata uang di Bandara Kuala Lumpur atau saat berada di Jakarta dan Medan.

Sedikit tips. Jika akan menukarkan uang ke rupiah ada baiknya membandingkan antara nilai tukar yang ditawarkan antara satu money changer dengan lainnya. Tapi biasanya selisih nilai tukar tidak jauh berbeda. Tips ini dapat dipertimbangkan jika anda menukarkan dalam jumlah besar.

Baik dibaca: Fakta 1 Banda Aceh

Transport Lokal

Bandara Sultan Iskandar Muda adalah pintu masuk utama wisatawan ke Banda Aceh. Bandara ini berada di Kabupaten Aceh Besar dengan pemandangan perbukitan dan persawahan yang menghibur anda saat pesawat hendak mendarat.

Dari bandara, dibutuhkan waktu hanya sekitar 15 – 20 menit menggunakan kenderaan roda dua atau roda empat. Tersedia juga transportasi umum yang cukup murah menuju ke pusat kota dari bandara, namanya Bus Trans Kuta Raja. Pilihan lainnya, naik taksi atau becak. Tawar dulu tarifnya jika ingin menggunakan jasa taksi atau becak.

Anda juga bisa memesan jasa transportasi online karya pengusaha Aceh, Hojak. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan Apple Store untuk diunduh terlebih dahulu.

Penginapan

Jika penginapan membuat bingung, maka sebaiknya anda bisa terlebih dulu melihat dan membandingkan berbagai pilihan hotel di situs reservasi akomodasi secara online.

Rentang termahal untuk sebuah kamar di hotel bintang empat Banda Aceh adalah dua jutaan. Namun jangan khawatir, anda tetap bisa tidur dan mendapatkan pelayanan yang memuaskan dengan hanya membayar tiga ratus ribuan di hotel bintang dua namun mempunyai pelayanan bintang lima.

Banda Aceh mempunyai banyak hotel baru dengan harga bersaing. Pandai-pandailah memilah dan memilih hotel sesuai kebutuhan yang kamu inginkan. 

Baik dibaca: Fakta 2 Banda Aceh

Makanan

Bersiaplah dengan makanan di Aceh yang menantang. Namun soal harga harus dipertimbangkan baik-baik. Anda bisa memanfaatkan makanan yang disediakan di hotel, tapi ada banyak warung di kota yang menawarkan menu khas dan harga terjangkau.

Berikut ini bisa jadi panduan umum bagi anda agar ada bayangan tentang harga makanan selama berada di Banda Aceh.

Sarapan di hotel: Rp35.000, – Rp80.000,-

Sarapan di warung: Rp10.000 – Rp20.000,-

Makan siang di warung: Rp10.000 – Rp15.000,-

Makan siang di cafe atau pusat kuliner: Rp20.000 – Rp 50.000,-

Makan malam di warung: Rp15.000 – Rp25.000,-

Makan malam di cafe atau pusat kuliner: Rp20.000 – Rp 50.000,-

Makan Mie Aceh: Rp10.000 – Rp.45.000,-

Sekali minum kopi di cafe/warung kopi: Rp5.000 – Rp10.000,-

City Tour

Kota Banda Aceh bukanlah sebuah kota besar dengan penduduk yang padat. Luas Banda Aceh saat ini adalah 61,36 km², jika dibandingkan dengan Kuala Lumpur, luas Banda Aceh hanya 1/3 Kuala Lumpur.

Jika ingin mengenal Banda Aceh seutuhnya; menjelajahi setiap sudut kota, menjejaki peninggalan tsunami dan napak tilas sejarah Banda Aceh dari dulu hingga kini, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 3 hari 2 malam.

Selebihnya, jika agenda perjalanan lebih dari 2 malam, anda bisa memilih menyeberang ke Pulau Weh dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Anda pun bisa menjelajahi destinasi wisata di Aceh Besar.[]

Foto Cover by Mustawazir