Yusuf Mansur: Alquran Kunci Kebahagiaan

Yusuf Mansur | Foto: Salman

Yusuf Mansur | Foto: Salman


Banda Aceh – Umat Islam diajak mencintai Alquran sebagai pegangan hidup untuk keselamatan dunia dan akhirat. Karena Alquran merupakan kunci kesuksesan dan kebahagiaan bagi manusia, dan siapapun yang mengamalkannya akan selalu mendapat ridha Allah.

Demikian dikatakan penceramah kondang yang juga pemimpin Yayasan Darul Quran Nusantara, Ustad Yusuf Mansur dalam Dakwah Umum Jumatan Pemerintah Kota Banda Aceh di Bustanulsalatin atau Taman Sari, Jumat, 27 Februari 2015. “Kalau anda mau sukses, mau berhasil, mau kaya, mau bahagia Alquran kuncinya,” kata Yusuf dihadapan ratusan jamaah, termasuk unsur Muspida, mahasiswa, siswa dan warga biasa.

Menurutnya semua permasalahan dalam hidup di dunia ini solusinya ada dalam Quran, tinggal bagaimana manusia memaknai kalam Allah itu sendiri. Untuk itu manusia harus terus membaca, menghafal dan mengamalkan isi Al quran itu.

Yusuf Mansur mengurai sedikit bagaimana ibunya menangani kebandelannya masa kecilnya dengan Al quran. “Ibu saya melawan kebandelan saya dengan membaca Al quran,” ujarnya.

Karena terus menerus diperkenalkan Quran, Yusuf akhirnya sadar dan bertekad menghafal serta mengkaji Al quran. Berkat ketekunannya itu ia merasakan perubahan besar dalam hidupnya, bukan sekadar kemuliaan yang di dapat, tapi juga pintu rezeki terbuka.

Cita-citanya untuk memiliki perguruan tinggi sendiri juga terwujud. Begitu juga dengan bisnisnya yang kini sudah memiliki 100 cabang seluruh Indonesia dengan jumlah karyawan mencapai 1.000 orang.

Untuk membangun semangat kecintaan terhadap Quran, Yusuf meminta kepada semua karyawannya untuk menghafal Al quran. “Satu hari saya minta hafal satu ayat. Absen pagi lewat shalat dhuha.”

Yusuf mengurai banyak kisah orang sukses berkat kecintaannya terhadap Quran. Menurutnya Al quran bisa mengubah hidup seseorang dari kemiskinan, kehinaan, kesusahan ke arah lebih baik, mulia dan bahagia hanya dengan keyakinan orang itu membaca, menghafal serta mengamalkan kalam Allah. “Semua doa itu ada dalam Alquran,” ujarnya.

Yusuf mengajak semua muslim untuk membiasakan membaca Alquran setiap hari, dan berupaya menghafalnya. Cara paling mudah menghafal Alquran, menurutnya adalah, satu ayat dalam satu hari.

Jika ayatnya terlalu panjang, maka mulailah dulu membaca sepenggal-sepenggal kemudian mengulang-ngulangnya minimal 20 kali. Kalau sudah bisa menghafal satu kalimat, lanjut ke kalimat yang lain. Jika sudah bisa satu ayat, maka terus-teruslah mengulang-ngulang ayat itu. Besoknya lanjut ke ayat lain. “Ini bisa dilakukan sambil bekerja, sambil masak di dapur bagi ibu-ibu, ngak susah kok,” katanya.

Sebelumnya Wali Kota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal mengatakan, dakwah umum Jumatan ini merupakan bagian dari syiar Islam, agar masyarakat senantiasa kembali ke jalan yang diridahai Allah.

Diakhir sesi ceramah, Yusuf Mansur mendapat hadiah berupa cincin batu giok oleh Ketua Real Estate Indonesia Aceh. Penyematan cincin ke jari Yusuf Mansur ikut disaksikan wali kota serta para jamaah. [SM]