Wali Kota Padang sebut Kota Banda Aceh Luar Biasa

Foto: Humas Banda Aceh

Foto: Humas Banda Aceh


Banda Aceh – Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebut pembangunan Kota Banda Aceh luar biasa. Banda Aceh hari ini menurutnya jauh lebih maju dan berkembang pasca musibah gempa bumi dan tsunami 2004 silam.

Hal tersebut disampaikan Mahyeldi saat menghadiri welcome dinner bersama para delegasi 24 kota se-Sumatera peserta Raker Komwil I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang digelar di halaman Balai Kota Banda Aceh, Selasa malam 24 Mei 2016.

Pasca tsunami dan dalam suasana damai, katanya, pembangunan Kota Banda Aceh luar biasa. ”Saya sempat berkunjung ke beberapa titik dan melihat kotanya sangat bersih, hijau dan tertata rapi. Orang-orang juga bisa duduk di warung kopi hingga larut malam dengan nyaman,” kata Mahyeldi yang juga Ketua Komwil I Apeksi ini.

Ia pun berharap kemajuan yang sudah dicapai oleh Banda Aceh dapat diikuti dan ditiru oleh kota-kota lain di area Sumbagut maupun Indonesia. “Masyarakat Aceh juga sudah berasimilasi dan lebih solid tanpa ada sekat lagi semenjak penjanjian damai antara pemerintah pusat dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).”

Terkait output yang diharapkan dari penyelenggaraan Raker Komwil I Apeksi di Banda Aceh, Mahyeldi menyebutkan pihaknya mengharapkan lahirnya rancangan agenda-agenda yang dapat dilakukan bersama. “Kita menyadari setiap kota anggota Komwil I Apeksi berkeinginan menggelar event-event di daerahnya.”

“Dalam Raker kami akan menyampaikan sejumlah ide untuk mendorong hal tersebut, dan dibahas bersama oleh forum. Event-event yang akan digelar nantinya bukan hanya melibatkan kota yang ada di Sumbagut saja, tapi juga melibatkan seluruh kota di Indonesia. Hasil akhirnya adalah untuk menggerakkan ekonomi dan meningkatkan UMKM serta memajukan sektor pariwisata guna mewujudkan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara welcome dinner tersebut Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal bersama Wali Kota Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Padang Sidempuan, Gunung Sitoli, Pariaman, dan Wali Kota Bukit Tinggi. Hadir pula sejumlah Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah, dan para pejabat dari ke-24 Pemerintah Kota anggota Komwil I Apeksi.

Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal menyebutkan, dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Raker Komwil I Apeksi 2016 menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Pemko Banda Aceh. Raker akan merumuskan rekomendasi yang akan dibawa ke Rakernas Apeksi. ”Diharapkan setiap peserta dari luar kota dapat meng-explore keunikan Banda Aceh dan menyimpannya sebagai kenangan yang baik dan bermanfaat.”

Pada kesempatan itu, Illiza juga mendorong seluruh pemerintah kota anggota Komwil I Apeksi agar terlibat aktif pada Rakernas Apeksi di Jambi mendatang. “Kita harus mencalonkan Ketua Apeksi dari Komwil I. Sumatera harus kompak agar tidak dinomorduakan, kalau kita kompak pasti kita diprioritaskan,” sebut Illiza yang disambut applause hadirin.

Sejumlah wali kota yang hadir malam itu antara lain Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah yang juga menjabat Ketua Komwil I Apeksi, Wali Kota Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Padang Sidempuan, Gunung Sitoli, Pariaman, dan Wali Kota Bukit Tinggi. Juga turut hadir sejumlah wakil wali kota, sekretaris daerah, dan para pejabat dari 24 pemerintah kota se-Sumatera. [AW|JUN]