Banda Aceh Gelar Festival Kampung Ramadan

Foto: Ahmad Ariska

Foto: Ahmad Ariska


Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh akan mengadakan festival ‘Kampung Ramadan’ untuk menyemarakkan suasana bulan puasa. Kegiatan ini akan digelar di sepanjang Jalan Tepi Kali Krueng Aceh mulai 4 Juli 2015.

“Kegiatannya dari 4 Juli sampai seminggu ke depan, menampilkan berbagai aneka keunikan khas bulan Ramadan yang sering dijumpai di Aceh,” sebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, Fadhil, Jumat, 26 Juni 2015.

Selain memeriahkan suasana Ramadan, kata dia, Kampung Ramadan juga dimaksudkan sebagai ajang promosi tradisi, budaya, dan kuliner khas puasa sehingga mengundang daya tarik wisatawan untuk menikmati Ramadan di Aceh. “Ini juga sesuai dengan semangat Banda Aceh sebagai world Islamic tourism (destinasi wisata Islami dunia).”

Kampung Ramadan Kota Banda Aceh direncanakan akan diikuti komunitas, swasta serta sejumlah SKPD jajaran pemko. Rencananya akan diisi lebih 30 stand di antaranya menampilkan kuliner khas Aceh, pernak-pernik Ramadan, fashion muslim/muslimah, aneka lomba serta talk show.

Menurutnya pemilihan tempat di Jalan Tepi Kali karena lokasi ini strategis, berada di pusat kota serta dekat Masjid Raya Baiturrahan dan Pasar Atjeh. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Krueng Aceh serta jembatan Pante Pirak yang bertabur cahaya pada malam hari dari sini. [SM]