Car Free Day, Tren Baru Warga Kota Nikmati Akhir Pekan

Jalanan yang biasanya lalu-lalang kendaraan berubah menjadi arena berkumpulnya warga untuk berolahraga, bermain, mengekspresikan kesenian, hingga menjadi tempat bersilaturrahmi.

Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk mengisi kembali daya Anda yang terkuras oleh rutinitas. Setiap orang tentunya punya cara masing-masing untuk menikmati waktu akhir pekannya.

Untuk mengoptimalkan aktivitas warga berakhir pekan, Pemerintah Kota Banda Aceh tahun ini kembali menghidupkan agenda mingguan Car Free Day. Arena CFD di kawasan Simpang Lima pun menjadi pusat aktivitas warga setiap Minggu pagi. Ada apa saja sih di sana?

Sejak pertama kali di-launching pada 11 Februari 2018, CFD telah menjadi tren warga kota Banda Aceh sebagai arena menikmati weekend.

Setiap Minggu, ruas Jalan Daud Beureueh dari Simpang Lima hingga Simpang Jambo Tape disterilkan dari kendaraan bermotor sejak pukul 06.30 WIB hingga Pukul 11.00 WIB. Jalanan yang biasanya lalu-lalang kendaraan berubah menjadi arena berkumpulnya warga untuk berolahraga, bermain, mengekspresikan kesenian, hingga menjadi tempat bersilaturrahmi.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman selalu hadir setiap hari Minggu. Ia kerap memimpin senam jantung sehat bersama warga di arena ini. CFD juga menjadi tempat keakraban warga Banda Aceh dengan pemimpinnya. Wali Kota selalu mengadakan ngopi bersama warga di area ini.

“Selain untuk berolahraga, warga juga bisa berbelanja aneka produk ekonomi kreatif dari perajin Banda Aceh. CFD ini juga dapat digunakan untuk sosialisasi program-program pemerintah, bisa juga ngopi dan menikmati beragam kesenian tradisional juga,” kata Aminullah.

Aminullah berharap, CFD akan menjadi salah satu destinasi pilihan wisatawan di Banda Aceh. Tren tingginya wisatawan berkunjung pada akhir pekan menjadi tantangan tersendiri menjadikan CFD terus menyajikan dan memperkenalkan Banda Aceh dan Aceh secara umum.

Berbagai atraksi seni dan budaya ditampilkan di CFD. Mulai dari yang tradisional hingga modern. Berbagai macam jajanan kuliner juga tersedia di arena ini. Selain pelaku UMKM di bidang fesyen, kuliner, dan industri kreatif lainnya serta puluhan komunitas yang ada di Banda Aceh ikut meramaikan CFD.

Jadi, jangan bingung jika ingin menghabiskan weekend Anda di Kota Banda Aceh. Arena CFD menjadi tempat yang tepat dan paling lengkap untuk akhir pekan Anda bersama keluarga.[]

Laporan : Munawar Hafizhi

Fotografer : Mustawazir