Car Free Day Spesial Dirgahayu

Car Free Day sudah menjadi rutinitas baru warga Banda Aceh semenjak 2018. Pada helatan Minggu lalu, ada sesuatu yang spesial.

By Munawar Hafizi

Car free Day (CFD) merupakan agenda rutin  setiap akhir pekan di Kota Banda Aceh. Namun CFD kali ini sangat spesial, karena digelar bertepatan dengan HUT Kota Banda Aceh ke 813.

Minggu pagi, 22 April 2018, Ratusan warga memadati jalan Dauh Beureueh sejak pukul 6.30. Beberapa warga mengikuti senam sehat yang digelar di arena CFD.

Sepanjang jalan terlihat dijual berbagai macam jajanan kuliner. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan istrinya Nurmiati, terlihat menyantap bubur di pinggir jalan yang dibeli dari penjaja kuliner di arena CFD. Mereka terlihat akrab dengan warga, tak ada sekat jarak antara warga dan Wali Kota.

Tak hanya jajanan, berbagai hiburan dan permainan disuguhkan di sepanjang arena CFD, seperti penampilan marching band dari siswa Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati. Selain itu ada atraksi Rapai Geleng cilik dari siswa-siswa SDN 30 Banda Aceh.

Keceriaan anak-anak juga terlihat di arena tersebut. Mereka dengan riang mengikuti lomba mewarnai dan berbagai permainan lainnya. Pemko  Banda Aceh juga berbagi kebahagian bersama yatim dengan membagikan 100 amplop santunan yang diserahkan langsung oleh Wali Kota.

Wali Kota juga melepas peserta Elephantastic Run, yaitu lomba lari 5K yang digagas oleh WWF Indonesia dalam rangka konservasi Gajah Sumatera di Aceh. Hal ini juga dilakukan di Jakarta, Pekanbaru, dan Surabaya.

Selain itu Wali Kota melakukan pemotongan tumpeng yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Zainal Arifin. Istri Gubernur Aceh, Darwati A Gani juga ikut dalam kemeriahan acara ini.

Aminullah Usman mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kota Banda Aceh yang telah membantu menyukseskan dan memeriahkan HUT kota Banda Aceh ini. Ia berharap masyarakat terus mencintai Banda Aceh.

“Kita memilih tema HUT tahun ini adalah `I Love Banda Aceh`, dengan harapan seluruh masyarakat Banda Aceh makin mencintai kotanya dan terus bergerak untuk membesarkan kota ini.

Sehingga Banda Aceh akan cepat lebih maju dan keluar dari permasalahan ekonomi seperti kemiskinan dan pengangguran,” ujarnya.

Jika segenap elemen masyarakat bergerak, lanjut Aminullah, maka Banda Aceh akan semakin dikenal dunia dan akan dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia. hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Darwati A Gani mendoakan Kota Banda Aceh agar semakin gemilang dan Berjaya. Dalam sambutannya, istri orang nomor satu di Aceh ini mengajak warga untuk menjaga kebersihan kota dengan membuang sampah pada tempatnya.

Salah satu perserta CFD, Yulizar mengapresiasi pemerintah kota Banda Aceh yang terus mengadakan acara-acara yang melibatkan warga dan memberika dampak positif bagi warga Kota Banda Aceh. Ia mengaku hampir setiap gelaran CFD diikuti.

“Saya melihat keceriaan dan kegembiraan pada warga kota Banda Aceh. Salut untuk pemerintah Banda Aceh yang ikut langsung berbaur dengan warga. Wali Kota, Wakil Wali Kota, serta para pejabat penting kota ini selalu hadir di setiap acara car free day,” ujarnya.

Senada dengan pernyataan Yulizar, Wali Kota Banda Aceh dan  memang terlihat akrab dengan warga di arena car free day. Ia dengan ramah mengiyakan ajakan perserta untuk berfoto.

Nah, bagi Anda yang ingin berfoto dengan Wali Kota, mari ikut CFD setiap hari Minggu di Jalan Daod Beureueh atau di event-event lainnya di Kota Gemilang ini.[]

Foto by Mustawazir