Berbelanja Asyik di Banda Aceh

Di musim-musim tertentu seperti menjelang Idulfitri atau Iduladha, pasar ini akan dipenuhi lautan manusia. Hal ini menjadi pemandangan menarik dan memiliki keunikan tersendiri.

Berwisata ke suatu kota rasanya kurang lengkap bila tanpa mengunjungi pusat perbelanjaan. Selain untuk membeli barang-barang yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, mendatangi pusat perbelanjaan membuat kita bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal.

Kesempatan itu bisa Anda rasakan bila mengunjungi Pasar Aceh. Salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Letaknya sangat strategis, berada tepat di jantung kota di Jalan Diponegoro. Bersisian dengan Masjid Raya Baiturrahman. Pasar ini bisa dibilang sebagai pusat perdagangan pakaian muslim yang super lengkap.

Meski dikenal sebagai pasar tradisional, nyatanya pasar yang diresmikan oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan pada 2013 lalu ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern.

Bagi Anda yang tak ingin repot-repot naik tangga, silakan manfaatkan tangga eskalator dan lift. Anda juga tidak perlu khawatir akan kepanasan atau kecapean setelah berkeliling, karena pasar ini juga dilengkapi dengan air conditioner (AC).

Di sini juga terdapat sejumlah mesin ATM yang mempermudah transaksi Anda saat ingin berbelanja. Dengan fasilitas itu, tak heran bila pasar ini selalu menjadi serbuan warga untuk berbelanja.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by DiniSyahBanta (@dinisyahbanta) on

Di musim-musim tertentu seperti menjelang Idulfitri atau Iduladha, pasar ini akan dipenuhi lautan manusia. Hal ini menjadi pemandangan menarik dan memiliki keunikan tersendiri.

Banyaknya model pakaian yang dijual di sini, ditambah harga yang variatif menjadi daya pikat tersendiri bagi pembeli. Apalagi di lantai tiga, pakaian yang dijual khusus untuk kaum perempuan.

Anda juga bisa memborong aneka aksesoris khas Aceh yang dijual di lantai satu.

Suzuya Mal

Bila Pasar Aceh lebih menawarkan konsep tradisional, beda lagi dengan Suzuya Mal yang menawarkan konsep modern. Pusat perbelanjaan ini berada di Jalan Teuku Umar yang tak begitu jauh dari pusat kota.

Barang-barang yang dijual di sini lebih lengkap, mulai dari pernak-pernik, pakaian, aneka kebutuhan dapur dan rumah tangga, perabotan rumah tangga, hingga food court yang menjual aneka makanan seperti bakso, es krim, roti, donat, dan warung cepat saji seperti KFC dan Pizza Hut.

Bila Anda tak ingin memborong belanjaan, Anda cukup datang ke sini untuk sekadar window shopping dan mengisi perut.

Ah, perjalanan wisata Anda ke Banda Aceh akan semakin lengkap setelah singgah di dua tempat ini.[]

Laporan Munawar Hafizhi

Foto Ihan Sunrise