Wow! Meriahnya Funbike Gemilang!

“Saya meminta salah satu anak kecil yang tidak bisa membaca dan berhitung untuk menarik undian berhadiah mobil ini. Supaya tidak ada dusta di antara kita,” ujar Wali Kota Banda Aceh.

Sejak pukul 06.30 WIB, Minggu, 4 November 2018, peserta Funbike Gemilang sudah mulai memadati Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Mereka sangat antusias mengikuti acara ini. Hadiah utamanya tak tanggung-tanggung, sebuah mobil Toyota Agya.

Sejak pendaftarannya dibuka pada 18 Oktober 2018 lalu, warga sudah menyerbut loket-loket pendaftaran. Apalagi harga tiketnya juga sangat terjangkau, hanya Rp10.000. Bahkan, jumlah peserta yang ditargetkan hanya 10 ribu orang saja, melampaui hingga 13.400 tiket yang terjual. Banyak juga warga yang ikut berpartisipasi karena tak kebagian tiket.

Pukul 7.30 WIB, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengayunkan bendera sebagai tanda start Funbike Gemilang. Antusiasme peserta semakin bertambah dengan turut sertanya Wali Kota bersepeda bersama dengan warga.

Dari Blang Padang, para goweser melewati ruas Jalan Sultan Iskandar Muda, melintasi kawasan Ulee Lheue menuju Gampong Ajun tembus ke Simpang Dodik hingga ke Keutapang. Berikutnya menyusuri jalan Teuku Umar dan finish di Lapangan Blang Padang.

Mobil Agya Milik Irwandi

Jarum jam menunjukkan angka pukul 11.00 WIB. Matahari mulai meninggi dan udara mulai terasa menyengat. Namun semangat para peserta gowes tampaknya tak surut. Tanpa komando mereka mulai memadati area sekitar panggung utama. Menunggu momen yang dinanti-nanti, yaitu pengundian hadiah.

Pengundian kupon dimulai dari pembagian hadiah yang kecil-kecil seperti perlengkapan rumah tangga, alat-alat elektronik, sepeda gunung, hingga sepeda motor. Satu per satu pihak panitia dan sejumlah pejabat dari Pemko Banda Aceh bergantian mengundi kupon yang sudah dimasukkan dalam kotak kaca.

Hingga tiba pada pengundian hadiah utama. Para peserta semakin fokus menyimak. Wali Kota Banda Aceh dipersilakan oleh pemandu acara untuk menarik undian. Uniknya, Aminullah Usman enggan menarik undian dengan tangannya sendiri.

“Saya meminta salah satu anak kecil yang tidak bisa membaca dan berhitung untuk menarik undian berhadiah mobil ini. Supaya tidak ada dusta di antara kita,” ujar Aminullah yang diamini peserta.

Kemudian salah satu bocah lelaki dipilih untuk menarik undian hadiah utama. Setelah sebelumnya Aminullah memastikan bocah tersebut belum bisa membaca dan berhitung. Dalam gendengon Wali Kota, bocah ini lantas menarik undian, lalu menyerahkannya kepada Wali Kota.

“13179. Ada orangnya?” tanya Aminullah menggunakan pengeras suara.

Tak butuh waktu lama, seorang pria muncul dari kerumunan sambil melambaikan topi seraya berteriak. “Ada Paak!”

Ia naik ke atas panggung dan menyerahkan kupon kepada Wali Kota untuk diperiksa kesesuaian dengan nomor undian.

“Alhamdulillah dia warga Banda Aceh,” kata Aminullah disambut tepuk tangan penonton.

Sosok pria beruntung tersebut bernama Irwandi, warga Ie Masen Kayee Adang, Kecamatan Ulee Kareng. Sehari-hari ia berprofesi sebagai karyawan BRI.

Irwandi mengaku tidak menyangka akan mendapatkan hadiah berupa satu unit mobil Toyota Agya tersebut. Ia mendaftar sebagai peserta pada hari terakhir pendaftaran setelah mendapat info dari salah seorang temannya.

“Terima kasih Pemko Banda Aceh dan Luwak White Koffie,” ucap Irwandi yang terlihat gembira.

Oh ya, Funbike Gemilang ini bukan event terakhir di pengujung tahun 2018 ini. Akan ada event besar lagi yang bakal digelar Pemko Banda Aceh. Kita tunggu saja tanggal mainnya.[]