Tugu Telepon #Historical #Icon

Sebuah alat komunikasi yang mungkin membuat kamu mendapatkan kisah lain dari pendudukan Belanda di Indonesia.

Teks & Foto by Mustawazir

Ini salah satu bangunan berasitektur Belanda yang layak dikunjungi di Banda Aceh. Letaknya di Jl. Teuku Umar, salah satu titik pusat destinasi wisata. Tugu ini merupakan kantor telepon pertama di Indonesia yang dibangun kolonial Belanda pada tahun 1903. Sambungan telepon ini pada masanya melintasi Ulee Lheu (Banda Aceh) hingga ke Sabang (Pulau Weh).

Sabang pada masa pendudukan Belanda menjadi pusat pelabuhan perdagagan bebas tercanggih di kawasan Asia Tenggara. Disana pada masa itu terdapat pemancar telepon tercanggih yang memiliki sambungan langsung ke Belanda. Saat tentara Kincir Angin meninggalkan Aceh, kantor telepon tersebut sempat diduduki oleh tentara Jepang untuk keperluan komunikasi perang.

Tugu Telepon sekarang digunakan sebagai Sekretariat Persatuan SepakBola Seluruh Indonesia (PSSI) Aceh. Jika melawat ke Tugu Telepon Belanda, kamu bisa berteduh di bawah rindangnya pohon berusia tua. Aktivitas yang dapat dilakukan di sini antara lain  mempelajari salah satu mosaik penjajahan Belanda di Aceh, berswa foto dengan latar bangunan klasik, atau sekadar menyepi dari keramaian ibu kota.[]