Tiga Lokasi Menikmati Sunset di Banda Aceh

Inilah saatnya mengeksplorasi seluruhnya kota yang langsung menghadap ke Selat Malaka dan berbatasan dengan Samudra Hindia ini.

Banda Aceh memiliki destinasi wisata yang bisa dibilang sangat komplit. Mulai dari destinasi sejarah, budaya, kuliner, religi, tsunami, hingga alam.

Bagi Anda yang menggilai panorama berupa matahari tenggelam, Banda Aceh memilik spot yang cocok untuk Anda kunjungi. Ya, inilah saatnya mengeksplorasi seluruhnya kota yang langsung menghadap ke Selat Malaka dan berbatasan dengan Samudra Hindia ini.

Berikut tiga lokasi yang bisa Anda kunjungi untuk mengantarkan sang surya bergulir ke ufuk barat:

Pantai Ulee Lheue

Setiap sore hari, warga memadati kawasan wisata pantai Ulee Lheue. Sangat lah asyik menikmati matahari tenggela di lokasi ini. Sambil menikmati berbagai macam jajanan kuliner, Anda bisa melihat matahari tenggelam perlahan di antara gugusan Pulo Aceh dan Pulau Weh.

Alue Naga

Berbeda dengan Ulee Lheue, suasana pantai Alue Naga lebih sepi. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan keramaian. Duduk di atas batu gajah pemecah ombak, di sini Anda bisa menunggu matahari tenggelam perlahan yang ditemani deru suaru ombak.

Pantai Lhoknga

Pantai ini berada di pinggiran Banda Aceh, masuk dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar. Berjarak sekitar 20 kilometer dari jantung kota Banda Aceh. Di lokasi ini, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam di balik garis horison pantai. Kawasan ini banyak dikunjungi saat hari libur. Banyak  pengunjung sengaja datang di sore hari untuk menunggu matahari tenggelam.[]

 

Laporan : Munawar Hafizhi

Fotografer : Mustawazir