Pisang Thok, ‘Minuman Berenergi’ dengan Toping Emping Beras yang Kriuk

Pisang thok bisa dibilang sebagai kuliner rumahan yang masih terus eksis sampai saat ini. Saat ini mulai banyak warung atau gerobak di pinggir jalan yang menjualnya.

Makanan atau minuman? Sulit untuk mengidentifikasi kuliner Aceh yang satu ini. Tapi mari kita lupakan sejenak soal itu, kita fokus saja pada cita rasanya yang lezat. Nanti setelah mencicipinya, biarkan lidah Anda yang menentukan.

Keragaman suku dan budaya yang ada di Aceh turut mengayakan khazanah kuliner di Provinsi Aceh. Setiap daerah memiliki ciri khas kuliner masing-masing. Tak jarang, meski ada kuliner yang secara bentuk, rasa, maupun proses pengolahannya sama, tetapi memiliki nama yang berbeda. Salah satunya adalah pisang thok, yaitu kuliner yang diolah dari pisang segar. Di Kabupaten Simeulue kuliner ini disebut memek. Penasaran kan bagaimana rasanya?

Pisang thok bisa dibilang sebagai kuliner rumahan yang masih terus eksis sampai saat ini. Saat ini mulai banyak warung atau gerobak di pinggir jalan yang menjualnya.

Thok dalam bahasa Aceh berarti ditumbuk. Dinamakan pisang thok karena proses penyajian kuliner ini dilakukan dengan cara menumbuk buah pisang segar sampai lembut. Dulu proses penumbukannya juga dilakukan secara manual menggunakan gelas atau pelepah pisang. Seiring dengan perkembangan zaman, cara itu mulai ditinggalkan, berganti dengan alat yang lebih praktis menggunakan blender.

Bahan yang diperlukan untuk meracik pisang thok ini juga cukup mudah. Bahan baku utamanya yaitu pisang susu (pisang abin). Dihaluskan dengan campuran gula pasir, sedikit garam, krimer kental manis atau santan. Disajikan dengan toping emping beras yang kriuk-kriuk. Rasanya lebih mantap bila disajikan dingin.

Hanya dengan menukarkan selembar Rp10 ribu saja, Anda sudah bisa mendapatkan segelas pisang thok yang lezat dan gurih. Menghilangkan dahaga sekaligus mengenyangkan. Kombinasi manfaat ini membuat sebagian penggemar pisang thok menyebutnya sebagai minuman berenergi ala Aceh.

Kuliner ini dengan mudah ditemukan di kawasan Jalan Rama Setia Banda Aceh. Sejak pukul lima sore kawasan ini mulai dipadati para pedagang kuliner. Di kawasan itu, pisang thok dijual dengan aneka minuman lain seperti jus buah-buahan. Gerobak yang menjual pisang thok ini sangat mudah ditandai, biasanya ada pisang susu yang digantung di gerobak.

Di Simeulue, pisang thok atau memek ini merupakan kuliner istimewa. Sering dihidangkan sebagai menu kudapan di acara-acara penting seperti penyambutan tamu-tamu istimewa. Anda juga ingin merasakannya, kan?[]

 

Laporan : Munawar Hafizhi

Fotografer : Mustawazir