Pantai Lhoknga #Nature #Sport

Pesona Lhoknga makin bersinar dengan adanya atraksi surfing di Pantai Kuala Cut.

By Rahmat Aulia

Pantai Lhoknga memang berada di Kabupaten Aceh Besar, tapi nyaris semua turis yang bertandang ke Banda Aceh menyempatkan diri kunjungi Lhoknga dengan berbagai tujuan wisata. Hanya 30 menit dari ibu kota provinsi, Anda bias menikmati berbagai atraksi wisata mulai dari alam hingga kuliner. Namun ada satu destinasi mutakhir di sana, surfing, dengan sentralnya di Pantai Kuala Cut.

Para peselancar dunia sudah terpikat dengan aksi surfing di Lhoknga yang memiliki ombak tinggi dan cukup menantang. Ombak selancar biasanya muncul di bulan Juni – November atau pada fase Desember – Mei. Bahkan pada akhir Desember 2016, sempat digelar Aceh Surfing Festival di Pantai Kuala Cut, Lhoknga.

Baca juga: Kitesurfing di Lampuuk

Surfer dunia mengenal lima titik ombak di Lhoknga. Ada Left Hander Point yaitu ombak kiri yang berjarak 300 m dari bibir pantai; Cemara Right Point yaitu ombak kanan berjarak sekitar 300 m dari pantai; Peak Point yaitu ombak kanan dan kiri yang berjarak 300 meter dari pantai; Suri Point yang berjarak 200 meter dari pantai; dan Out Side Right Hander yaitu ombak kanan yang berjarak 500 meter dari pantai dann termasuk titik dengan arus kuat dan berbahaya.

Semua titik tidak disarankan bagi surfer pemula. Namun Anda boleh belajar surfing di Lhoknga melalui penyedia jasa surf course dan pengelola surf camp yang ada di sekitar Pantai Lhoknga. Peralatan surf juga mudah dijumpai di sana. So, jika Anda tertarik dengan wisata yang dapat memacu adrenalin, tak salanya melipir ke Lhoknga untuk berselancar.[]

Photo Cover  by Mustawazir