Menyaksikan Keajaiban Tuhan di Masjid Baiturrahim Ulee Lheue

Saat tsunami melanda kawasan ini, semua bangunan rata dengan tanah dihantam gelombang dahsyat tersebut. Namun di luar nalar manusia, Masjid Baiturrahim masih berdiri kokoh di antara puing-puing bangunan.

Meski sudah empat belas tahun berlalu, sulit bagi masyarakat Aceh untuk sepenuhnya lupa pada bencana mahadahsyat tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam.

Banyak keajaiban-keajaiban yang dialami para penyintas bencana terkenang hingga kini. Salah satunya cerita-cerita mengenai masjid yang seolah tak tersentuh oleh amuk gelombang besar itu. Di antaranya, yaitu Masjid Baiturrahim yang ada di Ulee Lheue, Banda Aceh.

Bagi masyarakat Aceh yang hampir seratus persen pemeluknya beragama Islam, kenyataan ini semakin menguatkan keimanan mereka kepada Allah Swt.

Masjid Baiturrahim hanya berjarak puluhan meter dari bibir pantai Ulee Lheue. Saat tsunami melanda kawasan ini, semua bangunan rata dengan tanah dihantam gelombang dahsyat tersebut. Namun di luar nalar manusia, Masjid Baiturrahim masih berdiri kokoh di antara puing-puing bangunan.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Baiturrahim kini menjadi objek wisata tsunami bagi wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh. Untuk menuju ke destinasi ini, hanya butuh waktu berkendara 10 menit dari jantung kota. Masjid Baiturahim berdiri tegak di dekat gerbang masuk ke kawasan wisata pantai Ulee Lheue.

Setiap Desember tiba, masjid ini ramai dikunjungi wisatawan yang melakukan perjalanan tapak tilas tsunami di Aceh. Berada di masjid ini tidak hanya membuat kita nyaman dengan keindahan arsitektur dan kesejukan di dalam masjid, tetapi mampu membangkitkan semangat spiritual yang ada dalam diri kita.[]

 

Laporan : Munawar Hafizhi

Fotografer : Mustawazir