Melihat Bangunan Serupa Masjid Nabawi

Cukup melancong ke Banda Aceh kamu sudah bisa melihat pemandangan Masjid Nabawi layaknya di Madinah.

By Cut Jannat Andani

Masjid Raya Baiturrahman pernah menjadi benteng pertahanan di Masa Sultan Iskandar Muda dalam melawan penjajah Belanda.

Pada tahun 1874 M, pertempuran kembali pecah. Masjid ini dibakar oleh Belanda. Kemudian masjid yang awalnya hanya satu kubah ini dibangun kembali dengan 3 kubah pada tahun 1935-1936 M. Perluasan terus dilakukan hingga kubahnya menjadi 5 kubah yang mencerminkan rukun Islam. Sekarang bertambah menjadi tujuh kubah.

Tahun 2004, masjid ini menjadi saksi sejarah dan tempat berlindung warga Aceh ketika bencana gempa dan tsunami 12 tahun silam. Masjid ini tetap kokoh berdiri tegap menjadi penyelamat bagi rakyat Aceh.

Masyaallah.

Kini masjid yang berdiri di jantung kota itu bersolek. Lanskap dan infrastrukturnya direnovasi. Sudah dipasang dua belas payung elektrik, menjadikannya bangunan peribadatan yang menakjubkan di Banda Aceh. Payung-payung elektrik ini mirip dengan payung-payung raksasa di Masjid Nabawi, Madinah.

Menariknya lagi, tidak hanya payung, banyak fasilitas akan menghiasi halaman masjid ini, yaitu area parkir bawah tanah, toilet dan tempat wudhu bawah tanah yang langsung tembus ke tangga masjid, serta pohon kurma akan ditata di halaman masjid.

Masjid ini selain berfungsi sebagai tempat beribadah, juga menjadi pusat pembelajaran agama Islam. Penataan halaman masjid ini dilakukan untuk memperindah dan memberikan rasa aman dan nyaman terhadap para wisatawan.

Jika berada di Banda Aceh, Anda harus mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman. Selain karena sejarah serta keindahan masjidnya, wisata religi pun dapat Anda lakukan disini.

Yuk berkunjung dan shalat di masjid ini. Dan temukan jodoh Anda disini.[]

Cut Jannat Andani adalah anggota Agam Inong Duta Wisata Banda Aceh 2017. Cerita lainnya dari penulis ini dapat dibaca di sini.


Lawatan adalah rubrik khusus bagi pembaca yang ingin berkontribusi untuk website Bandaacehtourism.com. Kirimkan cerita berisi pengalamanmu menikmati pariwisata Banda Aceh ke email contact@bandaacehtourism.com. Lampirkan minimal 2 foto terkait. Tulisan akan ditayangkan setelah melalui penilaian Bandaacehtourism.com.