Lima Aktivitas Rekomended di Blang Padang

Blangpadang menawarkan atraksi menarik dari tengah-tengah Kota Banda Aceh.

By Rahmat Aulia

Satu dari beberapa ruang terbuka hijau di Banda Aceh yang paling nge-hits adalah Blang Padang. Area ini bisa dibilang masuk dalam kawasan emasnya Kota Banda Aceh. Beberapa tempat wisata favorit letaknya hanya sepelemparan batu dari sini. Sebut saja Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, Komplek Makam Kerkoff dan Kapal PLTD Apung.

Rasa-rasanya tak ada warga Banda Aceh yang tidak tahu Blang Padang. Warga sering menyebutkan destinasi ini sebagai referensi pertama sebelum menjelaskan lokasi lain di seputarannya.

Saban minggu pagi atau sore hari-hari biasa, Blang Padang dipadati masyarakat Banda Aceh dan wisatawan. Di sini pun sering jadi arena pagelaran berbagai acara seperti konser musik, pasar malam, jalan santai dan pameran..

Nah! Jika Anda berkesempatan ke Banda Aceh, Blang Padang wajib masuk destinasi yang harus Anda kunjungi. Lima penjelasan di bawah ini akan membantu Anda bagaimana cara menghabiskan waktu berkualitas di Blang Padang.

Berburu Kuliner


Puluhan gerobak yang didominasi warna oranye berjejer rapi di tepi lapangan Blang Padang. Di depan gerobak, ratusan kursi plastik tertata rapi. Siap menyambut siapapun. Ada batagor, siomay, mie bakso, sop buah, jus dan berbagai pilihan makanan dan minuman yang siap menggoyang lidah Anda. Puluhan gerobak ini diserbu pengunjung pada sore hari, kecuali Sabtu dan Minggu.

Berolahraga

Selain berburu kuliner, Anda juga bisa berolahraga di Blang Padang. Setidaknya ada berbagai sarana olahraga tersedia, seperti jogging track, lapangan bola kaki, lapangan voli dan basket. Untuk jogging track biasanya akan padat merayap pada minggu pagi. Jika Anda ingin jogging pada minggu pagi maka kecepatan yang bisa Anda tempuh hanya 20 km per jam. Sementara itu, lapangan voli dan basket terdapat di sebelah barat Blang Padang. Siapapun boleh bermain di sini.

Menaiki Mobil Hias Berlampu

A post shared by Banda Aceh (@kotabandaaceh) on


Mau keliling Blang Padang dengan cara antimainstream? Mungkin Anda bisa mencobanya dengan naik mobil hias berlampu di malam hari. Cukup bayar Rp.10.000,- untuk sekali naik. Anda bisa bebas mengitari Blang Padang selama sepuluh menit. Namun sebelumnya siapkan tenaga ekstra untuk mendayung mobil selama sepuluh menit.

Santai Sejenak Usai Bekerja

Setelah lelah dan penat seharian bekerja, biasanya kita butuh tempat untuk sekadar melepas lelah dan penat. Sebelum kembali ke rumah cobalah sesekali santai di Blang Padang, hamparan rumput hijau ditemani sebangkok batagor dijamin akan membuat pikiran Anda kembali segar. Seandainya sedang tidak ada kerjaan, tidak salahnya juga Anda bermain ke Blang Padang untuk sekadar “cuci mata”, siapa tahu bisa ketemu jodoh di sana.

Menyaksikan Ragam Event


Hampir tiap akhir pekan selalu ada berbagai event di Blang Padang seperti konser musik, zikir akbar, pameran, fun bike, fun walk dan berbagai kegiatan seru lainnya. Hampir semua acara ini gratis alias tidak berbayar. Selagi menikmati event, di Blang Padang Anda juga bisa melihat replika pesawat milik Repbulik Indonesia untuk pertama kalinya. RI 001. Pesawat ini dibeli dari hasil sumbangan rakyat Aceh.

Di Blang Padang pun kita bisa menyaksikan berbagai negara yang telah ikut andil membantu Aceh ketika tsunami. Monumen untuk mengenang berbagai negara ini dinamakan monumen “Thanks to The World”. Setiap satu negara namanya terukir indah pada monumen berbentuk perahu yang tersebar mengelilingi Blang Padang.[]

Photo Cover by Mustawazir