Warung Kuliner Tradisional di Kota Banda

Banda Aceh tak hanya warung kopi, tapi juga aneka kuliner yang menggugah selera. Hampir setiap sudut kota menyediakan warung tradisional yang menawarkan aneka menu; Kari Kambing, Ayam Kampung goreng sampai Keumamah dan Gulai Pliek U.

Kari Kambing yang dimasak dalam beulanga besar adalah andalan banyak warung tradisional. Kuah beulangong, begitu orang di Aceh kerap menyebut kari kambing. Kuliner ini telah dikenal sejak jaman kesultanan Aceh. Menu ini pula yang selalu dimasak untuk mendulang selera saat perayaan maulid dan acara kenduri di Aceh lainnya.

Daging kambing atau sapi menjadi bahan utama. Dipotong dadu dan dicampur dengan buah nangka muda. Bumbunya lengkap; cabai merah, bawang merah iris, bawang putih, serai, bunga cengkeh, daun pandan, daun salam, kunyit, kemiri, dan daun temurui (daun kari/murraya koenigi), bisa juga ditambahkan santan kelapa. Dulu saat ganja masih legal, biji dan daun keringnya, wajib masuk sebagai bumbu, yang berfungsi untuk penyedap dan membuat daging lebih empuk.

Umumnya warung memakai daging kambing, disebabkan lebih disukai pemburu kuliner ketimbang sapi. Memakannya dipercaya mampu meningkatkan tekanan darah. Untuk menetralisirnya, warung selalu menawarkan jus timun dan kates. Menu ini biasanya hanya tersedia pada siang hari. “Kami hanya membuka siang hari,” kata Bakri, pemilik warung Lem Bakri di Lamteh, Banda Aceh.

Selain kari kambing, ayam kampung goreng juga menjadi menu andalan Lem Bakri. Di beberapa rumah makan lainnya seperti Rumah Makan Hasan di Krueng Cut, Aceh Besar dan di Desa Pango, Banda Aceh menawarkan menu lebih lengkap, ada Keumamah dan Gulai Pliek U.

Beberapa warung lainnya yeng menjadi andalan warga Kota Banda Aceh adalah warung di depan Gedung Sosial, juga warung Cut Agam di kawasan Jalan Panglima Nyak Makam. Selanjutnya ada rumah makan Khas Aceh Rayeuk di Lueng Bata dan banyak lainnya. Semuanya menawarkan kuliner kari kambing khas Aceh Rayeuk itu, sila singgah dan cicipi menu masakan warisan Sultan Aceh. [AW | Nanda]