Kuah Pliek U #Culinary

Sebaiknya jangan pulang dulu dari Aceh jika belum sempat mencicipi kuliner khas ini.

By Rahmat Aulia

Campuran 6 sayuran dan 11 bumbu nusantara membuat Kuah Pliek U kaya akan rasa. Masakan ini ditengarai sudah ada sejak Masa Kesultanan Aceh Darussalam. Ia menjadi salah satu menu dalam menyambut tamu kerajaan. Gulai Pliek U sering dihidangkan dalam acara-acara istimewa di Aceh, namun juga menjadi menu sehari-hari masyarakat Aceh.

Bahan baku utama Resep Kuah Pliek U adalah ampas kelapa sisa pembuatan minyak kelapa yang telah dikeringkan dan mengalami pembusukan atau dikenal dengan nama “pliek u” atau “patarana”. Anda akan menemukan potongan enam sayuran favorit masyrakat Aceh, yaitu daun melinjo, kacang panjang, nangka muda, terong hijau, buah melinjo, kelapa kukur dan pliek u.

Baca juga: 10 Top Kuliner Aceh

Citarasa Kuah Pliek U diperkuat oleh sebelas bumbu berikut: ketumbar, cabe merah dan rawit, bawang merah dan putih, jahe, kunyit, kelapa gongseng, merica bulat dan asam sunti. Sebelas bumbu ini dihaluskan. Ada juga enam bumbu khusus yang dirajang yaitu cabe hijau, bawang merah, serai, daun jeruk purut dan rebung kala (pucuk kencung). Kelezatan Kuah Pliek U makin terasa bila di dalamnya dibubuhi udang kecil goreng, cue (sejenis kerang), atau kerupuk kulit.

Anda akan mudah sekali menemukan Kuah Pliek U jika berwisata ke Banda Aceh. Nyaris semua rumah makan, baik tradisional maupun modern, menyediakan menu ini.[]

Photo Cover by Mustawazir