Bhoi, Kue Unik Peunajoh Keuneubah Raja

Bhoi juga dihidangkan untuk tamu-tamu raja yang terhormat. Selain berbentuk ikan, kue ini juga ada yang berbentuk bunga dengan ukuran bervariasi.

Bhoi. Namanya unik. Seunik rasa dan rupanya. Karena dominan bentuknya seperti ikan, banyak yang menyebut kue ini sebagai bolu ikan.

Tempo dulu, bhoi merupakan penganan istimewa bagi keluarga kerajaan Aceh. Bhoi juga dihidangkan untuk tamu-tamu raja yang terhormat. Selain berbentuk ikan, kue ini juga ada yang berbentuk bunga dengan ukuran bervariasi. Paling enak dinikmati dengan teh atau kopi. Dikudap sambil bercengkerama bersama kerabat atau teman.

Bhoi memiliki tekstur yang kering dan lembut. Umumya bhoi berwarna cokelat natural, tetapi kini mulai ada yang dikreasikan dengan tambahan pewarna alami dari daun pandan. Membuat warnanya jadi hijau dengan aroma yang lebih segar.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bhoi sama dengan bahan untuk membuat bolu, yaitu terigu, gula pasir, telur, vanili, dan soda kue.

Setelah semua adonan dikocok hingga mengembang, selanjutnya dimasukkan dalam cetakan dari kuningan atau besi berbentuk ikan atau bunga. Selanjutnya adonan dipanggang dalam oven hingga kue matang.

Namun ada sebagian pembuat bhoi masih memepertahankan cara klasik, cetakan dimasukkan dalam periuk tanah dan dipanggang menggunakan kayu bakar. Cara lama ini dipercayakan dapat mempertahankan aroma dan rasa bhoi yang khas.

Mengenai bentuk cetakan bhoi yang unik ini, konon punya pengaruh dari kebudayaan India dan Cina. Dulu cetakan kue bhoi terbuat dari kayu. Kemudian, cetakan itu diganti dari bahan kuningan atau tembaga. Cetakan terbaru tersebut didatangkan oleh pedagang India dan Tiongkok. Hingga sekarang, cetakan tembaga atau kuningan masih digunakan dengan bentuk yang tidak berubah.

Bagi masyarakat Aceh, selain sebagai camilan rumahan, bhoi ini biasa dijadikan seserahan yang diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita pada acara pernikahan. Kue ini juga menjadi buah tangan ketika berkunjung ke rumah sanak saudara atau ketika ada hajatan seperti khitanan maupun kelahiran.

Kue bhoi sangat mudah didapat di toko-toko makanan dan oleh-oleh di Kota Banda Aceh. Kue bhoi salah satu kuliner yang perlu Anda cicipi dan dibawa pulang saat mengunjungi kota yang kaya akan kuliner ini. Menikmati kue bhoi dengan segelas kopi atau teh panas akan terasa lebih nikmat. Apalagi di musim hujan seperti sekarang.[]

 

Laporan : Munawar Hafizhi

Fotografer : Mustawazir