Asam Keu-eueng #Culinary

Asam Keu-eueng dapat menghilangkan gejala sakit, selain menigkatkan nafsu makan.

By Rahmat Aulia

Asam Keu-eueng merupakan masakan ikan dengan kuah asam pedas khas Aceh. Masyarakat Aceh masa dulu menjadikan masakan ini tak hanya untuk menu makan, tapi juga untuk kesehatan. Ia menjadi alternatif untuk menghilangkan gejala sakit seperti demam, pilek, atau batuk-batuk, karena kandungan asam dan pedasnya. Ya, sehabis menyantap asam keu-eueng dengan nasi panas, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat.

Asam Keu-eueng berwarna kuning yang dihasilkan oleh komposisi belimbing wuluh dan asam sunti, yaitu belimbing wuluh yang sudah digaram dan dikeringkan. Kandungan belimbing wuluh juga menghasilkan rasa asam, tanpa harus menggunakan menggunakan cuka, tomat atau jeruk nipis.

Asam Keu-eueng biasa dimasak dengan ikan tongkol, udang atau ikan lainnya. Selain belimbing wuluh, komposisi bahannya antara lain cabe hijau besar, bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit, cabai merah dan rawit dan jahe. Jika ingin mencicipinya silakan bertandang ke Aceh, hampir semua rumah makan Khas Aceh menyediakan kuliner ini.[]

Photo Cover by Mustawazir