5 Spot ini Wajib Dikunjungi Jika Tak Mau Nyesal Sekembali dari Banda Aceh

Banda Aceh memiliki sejumlah atraksi wisata yang memberikan kesan mendalam bagi wisatawan. Apa saja spot-spot yang wajib dikunjungi?

by Rahmat Aulia

Sebagai ibu kota Provinsi Aceh, kota ini menyimpan sejumlah atraksi wisata yang tak boleh dilewatkan. Banda Aceh itu kota budaya, kota sejarah, juga kota religi. Kamu bahkan bisa menikmati semua top atraksi di Banda Aceh hanya dalam sekali trip. Penasaran? Berikut 5 spot yang wajib kamu singgahi di kota para raja ini.

Masjid Raya Baiturrahman

A post shared by Mulyan syahfitra (@mulyansf) on

Terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh, Masjid Raya Baiturrahman menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan manapun untuk mengunjunginya. Ditambah dengan hadirnya payung besar layaknya Masjidil Haram Arab Saudi semakin menambah tingkat wisatawan untuk berkunjung. Didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada 1022 H/1612 M, Masjid Raya Baiturrahman telah berhasil menjadi ikon Aceh yang tiada matinya, sehingga lahir perumpamaan “Belum ke Aceh kalau belum mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman.”

Museum Tsunami


Kalau boleh jujur, salah satu bangunan di Aceh dengan desainnya yang sangat futuristik adalah Museum Tsunami. Bangunan empat lantai dengan luas 2.500 m² ini di rancang oleh Ridwan Kamil yang hingga 2018 menjabat sebagai Walikota Bandung.

Selain menjadi tempat edukasi tentang Tsunami, museum yang berbentuk rumah panggung ini juga sering dijadikan tempat pameran foto yang bertemakan tsunami.

Pantai Ulee Lheu


Pantai Ule Lheu sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda atau keluarga ketika hari menjelang sore.

Biasanya orang berkunjung ke sini untuk bersantai, sambilan menikmati lezatnya jagung bakar yang di jajakan sepanjang jalan Pantai Ule Lheue. Bagi kamu yang akan menyeberang ke Sabang, Pantai Ulee Lheu ini dapat dinikmati secara gratis sambil melaju di jalan yang mulus, dengan panorama Samudera Hindia.

Kapal PLTD Apung


Bagi orang luar Aceh yang tidak merasakan langsung Tsunami, mungkin akan sulit percaya bahwa ada kapal dengan berat 2.600 ton terdampar sejauh 2,4 km dari tempat asalnya.

Kapal PLTD Apung dulunya adalah kapal generator listrik milik PLN Banda Aceh yang berada di lautan kawasan Ule Lheu. Ketika Tsunami melanda Aceh, kapal ini terbawa gelombang hingga terdampar di Gampong Punge Blang Cut, Banda Aceh.

Setelah tsunami, kapal ini sudah berubah fungsi menjadi tempat wisata menarik yang wajib kamu kunjungi jika ke Banda Aceh.

Museum Aceh


Jika ingin melihat rumah adat Aceh sekaligus belajar langsung tentang sejarah Aceh maka kamu wajib mengunjungi kawasan Museum Aceh. Beralamat di Jl. Sultan Alaiddin Mahmudsyah, museum yang sudah berdiri sejak zaman kolonial ini menjadi tempat belajar yang sangat menyenangkan karena semua tentang Aceh ada di sini.

Di pintu utama museum, terdapat sebuah lonceng raksasa hadiah dari Laksamana Cheng Ho China yang membuktikan sejak dari dulu Aceh sudah menjalin kerjasama dengan dunia luar. Masih banyak lagi hal-hal menarik yang jarang diketahui tentang Banda Aceh.[]

Foto Cover by Mustawazir