Tarif Jalan Tol Banda Aceh?

0 Comments

Tarif Jalan Tol Banda Aceh
Ruas jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 2 yang menghubungkan Seulimum-Jantho, Aceh Besar, Aceh resmi beroperasi dan digratiskan sampai 8 Mei 2022. (ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA) Jakarta, CNN Indonesia – Ruas jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 2 yang menghubungkan Seulimum-Jantho, Aceh Besar, Aceh resmi beroperasi.

  1. Ruas tol ini digratiskan sampai 8 Mei 2022.
  2. Pengoperasian seksi ini menambah ruas jalan yang sudah beroperasi yaitu seksi 2 Jantho-Indrapuri dan seksi 3 Indrapuri-Blang Bintang dengan total Panjang 35,85 km.
  3. Executive Vice President Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan seksi 2 telah dilakukan Uji Layak Fungsional (ULF) pada awal tahun ini dan mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

“Sudah kami persiapkan dengan matang persiapan pengoperasian dan juga kualitas jalan tolnya sesuai standard,” ujar Dwi dalam keterangannya, Jumat (29/4). Dwi mengatakan bahwa mulai hari ini hingga 8 Mei khusus untuk tarif jalan tol Sibanceh seksi 2 ini akan diberikan diskon 100 persen alias gratis bagi pengendara yang melintas.

  • Hal ini dilakukan sekaligus sebagai sosialisasi telah beroperasinya seksi ini.
  • Namun, masyarakat tetap harus tapping menggunakan kartu uang elektronik saat melintas di gerbang tol Sibanceh Seksi 2 ini,” ujar Dwi.
  • Berdasarkan SK Menteri PUPR terkait dengan penetapan tarif tol Sigli-Banda Aceh seksi 2 Seulimeum-Jantho yaitu golongan I Rp7500, golongan II dan III Rp11.500, golongan IV dan V Rp15.000.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. (dra/fra)

Apakah Tol Sigli-Banda Aceh sudah beroperasi?

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 2 Seulimeum-Jantho telah resmi beroperasi sejak Rabu (27/04/2022) lalu. Namun mulai 29 April 2022 hingga 8 Mei 2022, pengendara yang melintasi ruas sepanjang 6 kilometer itu tidak perlu membayar tarif tol alias gratis selama masa Lebaran 2022.

  • Executive Vice President Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan pemberian diskon 100 persen itu berlaku sejak 29 April 2022 Pukul 00.00 WIB hingga 8 Mei 2022 Pukul 23.59 WIB.
  • Baca juga: Pemerintah Tambah 150 Toilet di Rest Area Tol Trans-Sumatera “Hal ini dilakukan sekaligus sebagai sosialisasi telah beroperasinya seksi ini.
You might be interested:  Wisata Lampuuk Banda Aceh?

Namun, masyarakat tetap harus tapping menggunakan kartu uang elektronik saat melintas di gerbang tol Sibanceh Seksi 2 ini,” ujar Dwi dikutip dari SerambiNews.com, Adapun beroperasinya Tol Sibanceh Seksi 2 berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 242/KPTS/M 2022 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 (Seulimeum-Jantho).

  • Menurut Dwi, sebelumnya Seksi 2 Seulimeum-Jantho telah dilakukan Uji Layak Fungsional (ULF) pada 12-13 Januari 2022 dan mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 31 Januari 2022.
  • Sudah kami persiapkan dengan matang persiapan pengoperasian dan juga kualitas jalan tolnya sesuai standar,” pungkasnya.

Berikut rincian tarif Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum-Jantho untuk Golongan I: Asal perjalanan Seulimeum dengan tujuan: Jantho: Rp 7.500 Indrapuri: Rp 26.500 Blang Bintang: Rp 42.500 Baca juga: Dua Ruas Trans Sumatera Dibuka Besok, Cek Jam Operasionalnya Asal perjalanan Jantho dengan tujuan: Seulimeum: Rp 7.500 Indrapuri: Rp 19.000 Blang Bintang: Rp 35.000 Asal perjalanan Indrapuri dengan tujuan: Seulimeum: Rp 26.500 Jantho: Rp 19.000 Blang Bintang: Rp 16.000 Asal perjalanan Blang Bintang dengan tujuan: Seulimeum: Rp 42.500 Jantho: Rp 35.000 Indrapuri: Rp 16.000 Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Kapan tol Aceh beroperasi?

Foto: Melihat Progres Pembangunan Tol Sibanceh. (Dok: HK) Jakarta, CNBC Indonesia – Tidak hanya di Jawa, tol di Sumatera juga terus di genjot pembangunannya. Dimana dua ruas tol utama jaringan tol Trans Sumatera seperti Binjai – Pangkalan Brandan dan tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) Mengutip laporan progres konstruksi jalan tol Trans Sumatera, tol Sigli – Banda Aceh tersambung sepenuhnya Desember 2022 mendatang, sementara untuk tol Binjai – Pangkalan Brandan ditargetkan beroperasi 2023.

  • Tol Binjai – Pangkalan Brandan yang berada di kawasan Sumatera Utara ini saat ini sudah beroperasi satu seksi yakni dari Binjai – Stabat dengan panjang 11,8 km pada Februari 2022 lalu.
  • Berlanjut pada pembangunan untuk seksi 2 Stabat – Tanjung Pura sepanjang 26,2 km, Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan update konstruksi saat ini mencapai 57, yang mana ada 10 kilometer yang sudah rigid atau dilakukan pengerasan.
You might be interested:  Akreditasi Uin Ar Raniry Banda Aceh?

Sedangkan pada seksi 3 Tanjung Pura – Pangkalan Brandan sepanjang 18,9 km telah mencapai 27,67% dengan jalan yang sudah rigid sepanjang 1,8 km. Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan saat ini konstruksi dan progres lahan khususnya pada Tol Binjai – Pangkalan Brandan seksi Stabat – Tanjung Pura – Pangkalan Brandan masih sesuai dengan target dan diharapkan dapat selesai lebih cepat.

  1. Ami fokus penyelesaian pembangunan dengan progres konstruksi yang cukup signifikan,” katanya dalam keterangan, Senin (22/8/2022).
  2. Bergeser pada pembangunan tol Sigli – Banda Aceh saat ini Hutama karya juga masih terus mengejar penyelesaiannya.
  3. Khususnya pada seksi 1 Padang Tidji – Seulimum, seksi 5 Blang Bintang – Kutobaro, dan seksi 6 Kutobaro – Simpang Baitussalam sepanjang 74,2 km.

“Pada Tol Sigli- Banda Aceh, progres konstruksi juga cukup signifikan yakni Seksi 1 sudah mencapai 79.51%, Seksi 5 dengan progress 90,19%, dan Seksi 6 mencapai 81,36%, dengan target selesai konstruksi pada awal 2023 mendatang,” ujar Koentjoro Tol Sigli – Banda Aceh sendiri telah dioperasikan sebanyak 3 seksi, diantaranya Seksi 2 Seulimeum – Jantho (6,35 km), Seksi 3 Jantho -Indrapuri (16 Km), dan Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang (14 km), dan mencatatkan Volume Lalu Lintas(VLL) yang terus mengalami peningkatan.

Apakah Tol Sigli sudah dibuka?

KOMPAS.com – Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 (Seulimeum-Jantho) secara resmi mulai beroperasi pada hari ini, Rabu (27/4/2022) sejak pukul 07.00 WIB. Pengoperasian ruas Seulimeum-Jantho tersebut langsung dibarengi dengan pengenaan tarif, tanpa uji coba secara gratis kepada masyarakat yang hendak menggunakan tol tersebut.

  1. Hal ini disampaikan operator Tol Sigli-Banda Aceh yakni PT Hutama Karya (HK) melalui akun Instagram resmi @hktokindonesia dalam sebuah unggahan pada Rabu (27/4/2022) dini hari.
  2. Baca juga: Daftar Rest Area Tol Trans Jawa yang Dilengkapi SPBU Besaran tarif per golongan tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.243/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Tarif pada Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 (Seulimeum-Jantho).

“Untuk #Infrabuddies yang akan melintas di jalan tol, pastikan saldo Uang Elektronik (UE) mencukupi, menggunakan satu kartu UE untuk satu kendaraan serta selalu memperhatikan aspek keselamatan dalam berkendara, ya!” tulis akun tersebut. Adapun tarif Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 (Seulimeum – Jantho) yang mulai dipungut hari ini adalah sebesar Rp 7.500 untuk asal perjalanan dari Seulimeum dengan tujuan Jantho atau sebaliknya untuk kendaraan Golongan I.

You might be interested:  Jurusan Di Poltekkes Banda Aceh?

Jalan tol Aceh kapan selesai?

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) terus mengebut penyelesaian proyek jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh. Proyek ini pun ditargetkan untuk rampung seluruhnya pada tahun depan. EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Tjahjo Purnomo mengatakan untuk jalan tol Sigli-Banda Aceh yang memiliki panjang 74 kilometer (KM), sebagian seksi telah rampung diselesaikan dan telah beroperasi yakni Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) dan Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang).

Adapun, Tjahjo mengatakan pengerjaan proyek sampai dengan Maret 2022, progress pembebasan lahan telah mencapai 96 persen. “Progress konstruksi 88 persen,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (25/3/2022). Tol Sigli-Banda Aceh termasuk bagian dari Tol Trans Sumatera yang terbagi menjadi 6 seksi yakni seksi 1 sepanjang 24,3 km yang membentang dari Padang Tiki hingga Seulimeum.

Sementara itu, Seksi 2 sepanjang 7,6 kilometer dari Seulimeum-Jantho dan Seksi 3 sepanjang 16 kilometer dari Jantho-Indrapuri. Dilanjutkan dengan seksi 4 yang membentang sepanjang 13,5 kilometer dari Indrapuri hingga Blang Bintang. Seksi 5 memiliki panjang 7,7 kilometer dari Blang Bintang hingga Kuto Baro.

  1. Terakhir, seksi 6 membentang sepanjang 5 kilometer dari Kuto Baro hingga Baitussalam.
  2. Saat ini, seksi jalan tol Sigli – Banda Aceh yang telah beroperasi yakni seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 km dan seksi 3 ruas Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro pada akhir tahun ini, Hutama Karya menargetkan dapat mengoperasikan seksi 2 sepanjang 7,6 kilometer dari Seulimeum-Janthoi.

Saat ini, perseroan berupaya dalam mengatasi permasalahn lahan hutan yang digunakan untuk proyek. “Satu lagi yaitu seksi 2 Aceh paling lambat beroperasi akhir tahun, karena ada masalah pelepasan kawasan hutan. Di pertengahan tahun ini akan dilakukan sehingga selesai akhir 2022.

Tol Jambi Rengat selesai kapan?

Tol Ruas Jambi – Rengat Ditarget Selesai 2024.

Kapan pencairan dana jalan tol Binjai Langsa?

Tol Trans Sumatera Ruas Binjai -Stabat Mulai Bayar 3 April 2022.