Tarian Yang Berasal Dari Daerah Nanggroe Aceh Darussalam Adalah Tari?

0 Comments

Tarian Yang Berasal Dari Daerah Nanggroe Aceh Darussalam Adalah Tari
Indonesia memiliki beragam budaya dan kesenian salah satunya provinsi Aceh. Provinsi di ujung atas pulau Sumatra ini memiliki tarian tradisional yang tersebar di beberapa daerah. Mengutip Media.acehprov.go.id, provinsi Aceh mempunyai 184 tarian tradisional yang tersebar di kota dan kabupaten.

Tarian Aceh ini memiliki gerakan dan keunikan masing-masing. Tarian Aceh yang terkenal adalah tari saman yang dikukuhkan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Mengutip dari Seminar Nasional Forum Asosiasi Prodi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik Indonesia (AP2SENI) 2015, tari saman Gayo diciptakan ulama besar Syekh Syaman.

Tari saman merupakan tarian yang mengandalkan tepuk tangan ke paha sambil bernyanyi. Saman dilakukan secara berkelompok. Tarian ini dimaknai pemahaman ajaran Islam pada masyarakat Aceh. Tari saman termasuk tarian hiburan untuk merayakan upacara adat seperti hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, sunatan, dan menyambut tamu kenegaraan.

Tarian Nanggroe Aceh Darussalam apa?

Tari Saman – Tarian dari Aceh yang diciptakan oleh seorang ulama Gayo yang bernama Syekh Saman adalah tari Saman. Dikutip dari buku Mengenal Kesenian Nasional 11: Tari Saman (2010) karya N. Fardhilah, suku Gayo terkenal dengan kekayaan dan keragaman budayanya.

  • Suku Gayo juga memiliki berbagai seni dan budaya yang tidak kalah menariknya.
  • Suku Gayo terkenal dengan tari Samannya.
  • Tari Saman merupakan salah satu tarian dari Aceh yang mampu menyedot perhatian yang sangat besar dari para pencinta seni tari.
  • Tari Saman merupakan pengembangan dari permainan rakyat yaitu tari Tepuk Abe.

Tari Saman digunakan sebagai media dakwah agama Islam pada zaman itu. Pada tari Saman menggunakan dua unsur gerak dasar, yakni tepuk tangan dan tepuk dada. Tari saman termasuk tarian yang cukup unik karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerpuk, kirep, lingang, dan surang-saring.

You might be interested:  Kapan Berdirinya Kerajaan Aceh Darussalam?

Dari mana asal tarian Jaran Kepang?

Jaran Kepang merupakan kesenian tradisional Jawa Tengah. Kesenian Jaran Kepang wujud di Pematang Siantar karena adanya sesepuh suku Jawa yang merantau ke Pematang Siantar dan membawa kesenian Jaran Kepang tersebut untuk diperkenalkan kepada keturunan Jawa yang sudah menetap di Pematang Siantar.