Tarian Yang Berasal Dari Aceh?

0 Comments

Tarian Yang Berasal Dari Aceh
Nasional Beberapa Tarian Tradisional Dari Aceh 30 April 2022 – 06:49 WIB Tribratanews.polri.go.id – Tari menjadi seni pertunjukan dari gerakan-gerakan yang selaras dengan musik pengiringnya. Tari tradisional merupakan tarian perwujudan budaya di suatu daerah. Indonesia sendiri memiliki lebih dari 300 jenis tari tradisional di berbagai daerah.

  • Salah satunya Aceh.
  • Jumat, (29/4/22).
  • Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan ibu kota Banda Aceh.
  • Menjadi salah satu provinsi yang diberi status sebagai daerah istimewa dan kewenangan otonomi khusus.
  • Sama seperti daerah di Indonesia yang lainnya, Aceh memiliki kekhasan tersendiri dalam hal budaya, rumah adat, pakaian adat, upacara adat, alat musik, lagu, hingga senjata tradisional.

Berikut beberapa tari-tarian tradisional Aceh: 1. Tari Saman Tarian dari Aceh yang diciptakan oleh seorang ulama Gayo yang bernama Syekh Saman adalah tari Saman. Suku Gayo juga memiliki berbagai seni dan budaya yang tidak kalah menariknya. Suku Gayo terkenal dengan tari Samannya.

  1. Tari Saman merupakan salah satu tarian dari Aceh yang mampu menyedot perhatian yang sangat besar dari para pencinta seni tari.
  2. Tari Saman merupakan pengembangan dari permainan rakyat yaitu tari Tepuk Abe.
  3. Tari Saman digunakan sebagai media dakwah agama Islam pada zaman itu.
  4. Pada tari Saman menggunakan dua unsur gerak dasar, yakni tepuk tangan dan tepuk dada.

Tari saman termasuk tarian yang cukup unik karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerpuk, kirep, lingang, dan surang-saring.2. Tari Seudati Tari Seudati berasal dari Desa Gigieng, Kecamatan Sigil, Kabupaten Pidie.

  1. Tari Seudati bermakna syahadati atau syahadatain yang artinya pengakuan Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah.
  2. Dalam buku Deskripsi Tari Seudati (1991) oleh Asli Kesuma, ciri khas tarian Seudati adalah heroik, gembira, dan kebersamaan.
  3. Gerakan-gerakan pokok pada tari Seudati yaitu: – meloncat – melangkah – pukul dada (dhiet) – petik jari (ketrep jaroe) – menghentakkan kaki ke lantai (geddam kaki) 3 Tari Tarek Pukat Wilayah Aceh dikelilingi oleh perairan laut dan menjadi sumber penghasilan masyarakat.
You might be interested:  Kebijakan Jepang Yang Memicu Perlawanan Rakyat Aceh?

Hal ini melahirkan kesenian di Aceh, salah satunya tarian Tarek Pukat. Tari Tarek Pukat Tarian ini dibawakan sekelompok penari wanita yang menari menggunakan properti tali. Tari Tarek Pukat menggambarkan tentang aktivitas para nelayan Aceh saat menangkap ikan di laut.

Tari Kecak berasal dari apa?

Bagaimana Tari Kecak Mendunia? – Tarian Yang Berasal Dari Aceh TARI KECAK KONTEMPORER (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo) Perjalanan panjang harus dilalui I Wayan Limbak, sampai akhirnya tari kecak mendunia. Merujuk dari tulisan berjudul Sang Pencipta Tari Cak I Wayan Limbak, Hidup Sepanjang Hayat, yang dimuat di situs Baliilu.com, dijelaskan bahwa tari kecak awalnya dibawakan oleh I Wayan Limbak bersama dengan kelompok ( seeka) Cak Bedulu.

Grup tari ini hanya beranggotakan 40 orang yang diambil dari warga Desa Bedulu. Pada suatu waktu, kelompok tari I Wayan Limbak ini diundang Walter Spies untuk menggelar sebuah pertunjukan, yang ditonton oleh tamu-tamu orang Jerman. Pentas itu berlangsung selama 45 menit. Mereka yang menyaksikan epos ramayana itu dibuat takjub.

Setelah pementasan itu, kelompok tari I Wayan Limbak kerap mementaskan tari kecak di sejumlah desa di Bali. Selain memberi pemasukan kepada kelompoknya, I Wayan Limbak ingin mengenalkan tari kecak kepada masyarakat Bali. Usahanya bisa dibilang tidak sia-sia.

  1. Ini mengingat, tari kecak sekarang telah menjadi salah satu identitas kesenian masyarakat Bali.
  2. Setelah melakukan beberapa pentas di Bali, kelompok I Wayan Limbak pun diketahui sering menggelar tur ke luar negeri.
  3. Berkat usahanya ini, tari kecak berhasil mendunia.
  4. Sampai saat ini, belum ada catatan pasti yang mengeksplorasi kesuksesan I Wayan Limbak sebagai seorang maestro tari pencipta tari kecak.

Jika kalau ada, jumlahnya masih sangat sedikit. Kesuksesan I Wayan Limbad inilah yang mengantarkan tari kecak, menjadi sebuah atraksi menarik, unik, menghibur, dan sarat akan makna filosofis, yang bisa ditonton wisatawan lokal serta mancanegara saat datang ke Bali.

You might be interested:  Pahlawan Dari Aceh Yang Dapat Mengusir Portugis Adalah?

Dari mana tari beskalan berasal?

Tari Beskalan merupakan salah satu kesenian khas Malang, Jawa Timur. Tari tradisional ini awalnya difungsikan sebagai tarian ritual atau tari upacara. Tari Beskalan biasanya diadakan pada saat ritual yang berkaitan dengan ritus tanah atau kesuburan tanah. Namun seiring berjalannya waktu, kini menjadi tari penyambutan.