Tarian Yang Berasal Dari Aceh Yang Menggunakan Musik Internal Adalah?

0 Comments

Tarian Yang Berasal Dari Aceh Yang Menggunakan Musik Internal Adalah
Jenis-Jenis Musik Iringan Tari – Musik yang digunakan dalam suatu tarian terbagi dalam beberapa jenis. Pengelompokan jenis musik iringan tari tersebut berdasarkan asal bunyi atau musik yang digunakan. Ada setidaknya dua jenis musik iringan tari. Jenis-jenis musik iringan tari tersebut ialah sebagai berikut: Musik iringan tari terbagi ke dalam dua jenis berdasarkan asal bunyi dari musik tersebut, yakni musik internal dan musik eksternal. Foto: Pexels.com Musik internal adalah salah satu musik iringan tari yang berasal dari anggota tubuh manusia, yaitu meliputi tepukan tangan, tepukan tangan ke bagian tubuh lainnya, jentikan jari, hentakan kaki di tanah atau lantai, dan sebagainya. Jenis musik internal dapat ditemui di berbagai penampilan tarian daerah. Contohnya adalah tari Saman yang berasal dari Aceh, tari Kecak yang berasal dari Bali, dan lain-lain. Musik eksternal merupakan jenis musik iringan yang bunyi, musik, dan suaranya berasal dari hal-hal yang di luar tubuh manusia. Misalnya, seperti alat musik, dan sebagainya. Alat musik yang biasanya digunakan dalam mengiringi tarian adalah gamelan. Gamelan merupakan seni musik yang terdiri dari berbagai macam alat musik yang dimainkan secara bersamaan. Contoh tarian yang menggunakan musik eksternal adalah tari Kandagan dari Jawa Barat, tari Gandrung dari Banyuwangi, dan sebagainya.

Apa itu alat musik Aceh?

Alat musik Aceh merupakan kesenian dan kebudayaan leluhur yang harus kita jaga dan lestarikan. Terdapat keunikan tersendiri dibandingkan dengan alat musik tradisional daerah lain di Indonesia. Selain untuk sarana hiburan, kesenian ini juga digunakan sebagai pengiring suatu acara penting yang dihadiri oleh masyarakat Aceh.

  • Terdapat kemiripan di dalam alat musik Aceh dengan alat musik di daerah lain, tetapi setelah kita teliti, terdapat perbedaan cukup jelas antara satu dan yang lainya.
  • Namun seiring berjalannya waktu lambat laun salah satu kebudayaan ini mulai ditinggalkan akibat kemajuan zaman dan teknologi.
  • Satu per satu tergantikan dengan alat musik modern.
You might be interested:  Kapan Islam Masuk Ke Aceh?

Maka, pada artikel berikut kita akan membahas berbagai jenis alat musik Aceh sebagai upaya untuk melestarikan budaya Indonesia. Baca juga:

Alat musik tradisional Indonesia yang mendunia Alat Musik Rebab

Apa tujuan dari tari Aceh?

Tarian Aceh ini bertujuan sebagai hiburan, media pengajaran dan nasihat melalui syair-syair yang diucapkan penari. Tarian ini diadakan ketika upacara perayaan perkawinan, sunat rasul dan melepas nazar. Ada jjuga tradisi Aceh yang memiliki niat atau nazar mempunyai anak juga mengadakan tari Malelang.3. Seudati