Tarian Aceh Apa Aja?

0 Comments

Tarian Aceh Apa Aja
Tarian Aceh

  1. 1. Likok Pulo. Tarian likok pulo berasal dari desa Ulee Paya, Mukim Pulau Beras Selatan, Kecamatan Pekan Badan, Kabupaten Aceh Besar.
  2. 2. Tari Malelang. Tarian ini berasal dari Desa Padang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Selatan.
  3. 3. Seudati.
  4. 4. Kederen.
  5. Kepur Nunguk.
  6. 6. Labehaten.
  7. 7. Landok Alun.
  8. Tuak Kukur.

Meer items

Apa itu tari Aceh?

Aceh adalah provinsi paling barat dari Indonesia yang memiliki satu tarian terkenal, yaitu tari Saman. Tari ini memiliki gerakan yang mengandalkan kekompakan tepuk tangan dan nyanyian penari. Tari ini telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Biasanya, tari ini dirayakan pada saat upacara adat, seperti hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, sunatan, dan menyambut tamu kenegaraan. Selain itu, tarian ini juga dipentaskan untuk merayakan kegembiraan masa panen suku Gayo. Kali ini, kita akan membahas 11 tari tradisional khas provinsi Aceh lainnya. Simak dalam artikel berikut ini.

Tari Tradisional Khas Provinsi Aceh

Tari Kederen

Tari Kederen berasal dari kabupaten Aceh Tenggara. Tujuan awal dari tari Kederen sebagai penghormatan pada penduduk pendatang seperti tokoh agama yang mengembangkan agama Islam. Penari Kederen berjumlah 8-12 orang penari laki-laki yang didampingi pengiring tari yang memainkan rebana.

Tari Kepur Nunguk

Tari berikutnya adalah tari Kepur Nunguk yang terdiri dari dua kata, yaitu k epur berarti mengibar atau menyapu dan unguk yang merupakan nama burung. Huruf “N” di kata n unguk memiliki arti menunjukkan kepunyaan. Contohnya, anak Ni Manuk bermakna anak kepunyaan burung atau anak burung.

You might be interested:  Takengon Aceh Kecamatan Apa?

Tari Labehaten

Tari Labehaten adalah tarian dari Aceh yang berasal dari Singkil. Dalam bahasa Singkil, labehaten berarti harimau. Penari tari Labehaten sebanyak 2 penari laki-laki yang menari dengan cara merangkak seperti harimau. Satu orang mencari yang lain di tengah keramaian perkawinan.

Tari Landok Alun

Tari Landok Alon berasal dari Kabupaten Aceh Tenggara, termasuk Kotacane oleh suku Alas. Arti kata dari Landok Alun, yaitu landok berarti tari atau gerak tari, sedangkan arti alun adalah bergelombang. Tari daerah ini ditampilkan pada saat menyambut kedatangan tamu dari kalangan besar atau atasan.

Tari Likokpulo

Tari Likokpulo berasal dari desa Ulee Paya, Mukim Pulau Beras Selatan, Kecamatan Pekan Badan, Kabupaten Aceh Besar. Tarian ini termasuk tari hiburan atau pertunjukan. Biasanya, tari ini dipentaskan setelah menanam padi dan upacara adat.

Tari Saman seperti apa?

Tari Saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik, karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang, kirep, lingang, surang-saring (semua gerak ini menggunakan bahasa Bahasa Gayo).

Sebutkan apa saja jenis jenis tari?

Pengertian seni tari yaitu gerak badan secara berirama yang dilakukan ditempat serta waktu tertentu buat keperluan pergaulan, mengungkap perasaan, maksud, serta pikiran. Bunyi-bunyian yang dimaksud musik pengiring tari mengatur gerakan penari serta menguatkan maksud yang mau di sampaikan.

Gerakan tari tidak sama dari gerakan sehari-hari seperti lari, jalan, atau bersenam. Gerak didalam tari tidaklah gerak yang realistis, tetapi gerak yang sudah di beri bentuk ekspresif serta estetis. Suatu tarian sesungguhnya adalah kombinasi dari sebagian buah unsur, yakni wiraga (raga), Wirama (irama), serta Wirasa (rasa).

Ketiga unsur tersebut melebur jadi bentuk tarian yang serasi. Unsur paling utama dalam tari yaitu gerak. Gerak tari senantiasa melibatkan unsur anggota badan manusia. Unsur-unsur anggota badan itu di dalam membuat gerak tari bisa berdiri dengan sendiri, berhimpun maupun bersambungan.

Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru. Dansa adalah tari asal kebudayaan Barat yang dilakukan pasangan pria-wanita dengan berpegangan tangan atau berpelukan sambil diiringi musik.Sedangkan berdasarkan koreografinya, jenis jenis tari dibedakan menjadi : 1) Tari tunggal ( Solo ), Tari tunggal adalah tari yang diperagakan oleh seorang penari, baik laki-laki maupun perempuan.

Contohnya tari Golek ( Jawa Tengah ).2) Tari berpasangan ( duet/pas de duex), Tari berpasangan adalaah tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan. Contohnya tari Topeng (Jawa Barat).3) Tari kelompok ( Group choreography), Tari kelompok yaitu tari yang diperagakan lebih dari dua orang.

You might be interested:  Tari Indang Menyerupai Tari Titik-Titik Yang Berasal Dari Aceh?

Apa saja macam macam bentuk tari?

Berdasarkan bentuk penyajiannya, jenis tari dapat dibagi menjadi empat, yakni tari tunggal, tari berpasangan, tari kelompok, serta tari massal.

Jelaskan secara singkat apa yang anda ketahui tentang karya seni tari kreasi?

Jakarta – Secara sederhana, tari kreasi adalah tarian pengembangan dari tari rakyat atau tradisional. Mengutip buku Seni Budaya Kelas IX yang diterbitkan Kemendikbud, tari kreasi adalah jenis tari yang koreografinya masih mengacu pada tari tradisional atau pengembangan dari pola-pola tari yang sudah ada.

Tari kreasi terbentuk karena dipengaruhi oleh gaya tari dari daerah atau negara lain atau hasil kreativitas penciptanya. Dengan demikian, tari kreasi memiliki keunikan dalam gerakannya karena tidak terikat pada pola gerak dan aturan yang baku. Koreografi dan teknik gerak tari kreasi dapat menyesuaikan dengan keadaan yang sedang tren saat ini.

Beberapa contoh tari kreasi adalah Tari Kebyar Trompong (Bali), Tari Oleg Tambulilingan (Bali), Tari Manuk Rawa (Bali), Tari Karonsih (Jawa tengah), Tari Kipas (Sulawesi Selatan), dan Tari Mainang Pulo Kampu (Sumatra).