Tari Saman Merupakan Tarian Dari Aceh Yang Diperagakan Dengan Posisi?

0 Comments

Tari Saman Merupakan Tarian Dari Aceh Yang Diperagakan Dengan Posisi
Tari saman ditarikan oleh para penari dengan posisi membentuk garis lurus atau berbanjar, Pembahasan: Tari saman merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Aceh yang dimiliki oleh Suku Gayo. Tari saman didirikan dan di kembangkan oleh ulama asal Aceh Tenggara yang bernama Syekh Saman.

Tari Saman biasa dipertunjukkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat & acara keluarga maupun pemerintah, Tari saman masuk daftar warisan dunia tak benda yang di resmikan oleh UNESCO di Bali pada tanggal 24 November 2011. Fungsi dari tari Saman yakni salah satu media untuk menyampaikan pesan atau dakwah.

Para penari tari saman terdiri dari para pria maupun wanita yang masih muda-muda dengan memakai pakaian adat dengan menggunakan pola lantai garis lurus atau berbanjar, Pola lantai yang digunakan pada tari saman ini mempunyai makna sebagai hubungan antara manusia dengan manusia, yakni sebagai makhluk sosial tentunya kita saling membutuhkan satu dengan lainnya.

Pada umumnya, tarian saman dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki, tetapi jumlahnya harus ganjil. Tetapi, pada era modern kini, tari saman ditarikan oleh penari dengan jumlah yang lebih banyak. Tarian Saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman, yakni tepuk tangan dan tepuk dada.

Makna dari gerakan tari saman ini melambangkan nilai-nilai ajaran agama islam. Contohnya gerakan selaku, yang dilakukan penari dengan meletakan satu tangan di dada yang mana gerakan tersebut memiliki makna kerendahan sebagai hamba yang taat kepada Allah SWT.

Bagaimana posisi badan pada level tertinggi Tari Saman?

Pola Lantai Tari Saman – Gerakan tari saman juga tergolong sulit sehingga dibutuhkan konsentrasi tinggi serta latihan yang sering untuk bisa menguasainya dengan baik. Tari saman menggunakan pola lantai vertikal, horizontal, diagonal dan garis melengkung.1.

  1. Pola lantai horizontal Pola lantai garis lurus yang sejajar secara horizontal pada Tari Saman dapat dilihat dari pandangan penonton.
  2. Pola lantai ini menempatkan posisi penari duduk bersimpuh.
  3. Berat badan ditumpukan pada kedua kaki yang terlipat.
  4. Penari merapat hingga bahu saling bersentuhan.
  5. Pola ruang pada tari Saman juga terbatas pada level, yakni ketinggian posisi badan.
You might be interested:  Mengapa Aceh Dijuluki Sebagai Serambi Mekah?

Dari posisi duduk bersimpuh berubah ke posisi berdiri diatas lutut, yang merupakan level yang paling tinggi. Sedang level yang paling rendah adalah apabila penari membungkukkan badan ke depan sampai sekitar 90 derajat dengan badan sejajar dengan kedua paha, atau membalik ke belakang, sampai sekitar 60 derajat.2.

  1. Pola lantai vertikal Selain horizontal, Tari Saman juga memiliki pola lantai vertikal.
  2. Pada pola ini, penari membentuk garis lurus dari depan ke belakang.
  3. Pola lantai ini memiliki makna yang dalam pada tiap gerakan Tari Saman, yakni menunjukkan hubungan antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta alam semesta.3.

Pola lantai diagonal Pola lantai Tari Saman satu ini memberi posisi bagi penari untuk membentuk barisan yang lurus dan agak menyudut ke kanan atau ke kiri. Pola lantai ini juga memiliki makna yang dalam yakni, kesan kekuatan bersama yang dinamis.4. Pola garis melengkung Sesuai namanya, pola lantai garis melengkung dalam Tari Saman memberi posisi kepada penari untuk berbaris membentuk barisan yang melengkung.

Apakah level terendah pada gerakan tari saman?

Jawaban: Level terendah pada tari saman adalah Posisi Sujud kedepan.

Apakah Tari Saman menggunakan pola garis lengkung?

Pola Lantai Tari Saman – Setiap tarian pasti menggunakan pola lantai dalam pementasannya, termasuk pula tari saman. Pola lantai berfungsi untuk menghasilkan formasi, membentuk komposisi, memperindah gerakan, dan menciptakan keselarasan antar penari. Berdasarkan laman resmi Kemendikbudristek, tari saman mengandalkan gerakan tangan, badan, dan kepala dalam suatu pola lantai.