Tari Saman Merupakan Media Yang Kerap Digunakan Masyarakat Aceh?

0 Comments

Tari Saman Merupakan Media Yang Kerap Digunakan Masyarakat Aceh
Makna Tari Saman – Tari Saman Merupakan Media Yang Kerap Digunakan Masyarakat Aceh ©Creative Commons/Winara al gayo Sebagaimana kita tahu, tari Saman memiliki unsur-unsur atau nilai keislaman di dalamnya. Pada awalnya, tarian ini merupakan bagian dari aktivitas sebuah aliran Tariqat atau Tarekat, yang secara bahasa berarti “jalan”, kemudian dimaknai sebagai jalan menuju Tuhan, tasawuf, dan ilmu batin.

  1. Dalam setiap gerakan tari Saman memiliki makna serta filosofi yang mendalam.
  2. Mulanya, Syekh Saman menciptakan gerak tari ini untuk sarana berzikir kepada Allah SWT.
  3. Hal ini terlihat pada aturan gerak dan sikap badan yang menyertai gerak.
  4. Tari Saman juga kerap digunakan untuk media penyampaian pesan (dakwah).

Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, dan kepahlawanan. Hal ini bisa dilihat dari lagu dan syair pada tari Saman yang mengandung nilai dakwah dan nasehat. Selain itu, dalam setiap gerakan tari saman juga memiliki makna tertentu. Gerakan ini terlihat saat para penari harus duduk membentuk garis lurus ke arah samping sambil berbaris.

Apakah Tari Saman termasuk tari tradisional?

Tari Saman – Bangsa Indonesia memang telah terkenal mempunyai kekayaan adat budaya yang beraneka ragam. Serta memiliki ciri khas di masing-masing daerahnya. Kekayaan adat budaya dan tradisi dirangkum dalam bentuk kesenian tari tradisional. Di antara tari tradisional yang terkenal salah satunya Tari Saman.

Anda tentu pernah mendengar mengenai tarian ini bukan? Ya, tarian kesenian tradisional yang berasal dari Aceh, Bukan hanya bentuk tariannya saja yang layak Anda ketahui. Ada banyak faktor penting yang mesti diketahui, khususnya untuk para generasi muda mengenai kesenian tari ini. Berikut kami ulas sejumlah informasi tentang Tari Saman.

Mencakup filosofi tarian yang berasal dari Aceh ini.

You might be interested:  Grand Aceh Hotel Banda Aceh?

Apa itu tarian saman?

Tari Saman (Aceh)

Makna dibalik Tari Saman – Tari yang berasal dari Aceh ini ditarikkan oleh sekelompok orang dan membutuhkan kekompakan diantara setiap penarinya. Umumnya, tarian ini kerap digunakan sebagai media untuk menyampaikan sebuah pesan, nasihat, atau pun dakwah.

Tari Saman ini sendiri menggambarkan tentang sisi religius, pendidikan, tata krama, kepahlawanan, kebersamaan, juga kekompakan. Biasanya sesaat sebelum tarian ini dimulai, seorang pemuka adat akan mewakili masyarakat untuk menyampaikan petuah dan nasihat yang bermanfaat, tak hanya untuk pemain tetapi juga untuk masyarakat sekitar yang menonton.

Penarinya biasanya masih berusia muda, baik laki-laki maupun perempuan dengan mengenakan kostum adat khas daerah setempat. Meskipun hanya menampilkan gerak tangan yang bertepuk, kirep, saring-saring dan beberapa gerakan lainnya, tarian ini nyatanya lebih populer di mancanegara dibanding Tari Kecak maupun Tari Pendet yang berasal dari Bali.