Tari Saman Dari Aceh Merupakan Tarian Yang Ditarikan Secara?

0 Comments

Tari Saman Dari Aceh Merupakan Tarian Yang Ditarikan Secara
1. Tari Saman – Good News From Indonesia Salah satu tarian Aceh yang terkenal adalah Tari Saman. Tarian Aceh Saman diciptakan oleh seorang ulama besar yang dikenal dengan Syekh Saman. Tari yang dilakukan secara berkelompok ini digunakan sebagai media dakwah agama Islam pada zaman dahulu.

  • Gerakan tepukan tangan ke paha sambil bernyanyi merupakan ciri khas Tari Saman dari Aceh.
  • Tari ini biasa ditampilkan dalam perayaan upacara adat seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, hingga menyambut tamu kenegaraan.
  • Tari ini berasal dari daerah dataran tinggi Gayo, yang meliputi daerah kabupaten Aceh Tengah.

Tarian ini mencerminkan tentang keagamaan, sopan santun, pendidikan, kepahlawanan, dan kebersamaan dan digunakan untuk merayakan kegembiraan panen yang berlimpah suku Gayo. Tari Saman dikembangkan dari permainan rakyat bernama tari Tepuk Abe. Tari ini memiliki dua unsur gerak dasar, yakni tepuk tangan dan tepuk dada.

Tuliskan apa saja yang kamu ketahui tentang Tari Saman?

Tari Saman merupakan salah satu tari tradisional asal Indonesia yang bahkan sudah cukup dikenal di seluruh mancanegara. Tarian satu ini merupakan sebuah tarian suku dataran tinggi Gayo abad ke-XIV Masehi yang biasa ditampilkan ketika perayaan peristiwa-peristiwa penting di dalam adat.

Apa keunikan gerak Tari Saman?

Gerakan Tari Saman – Tari Saman memiliki beberapa unsur gerak, yaitu gerak tepukan tangan dan tepuk dada. Gerakan ini berupa gerak guncang, kirep, lingang, dan surang-surang. Gerakan lain dari tari ini berupa dua baris penari bernyanyi sambil bertepuk dan penari lainnya mengharmoniskan gerakan.

Bagaimana iringan penari pada Tari Saman?

Tari Saman terhitung sebagai cabang ekstrakurikuler baru di SMP IT Masjid Syuhada. Tari Saman merupakan jenis tari terkenal dari Suku Gayo di Aceh. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Bali, 24 November 2011 silam.

You might be interested:  Akreditasi Kampus Ubudiyah Banda Aceh?

Ciri khas Tari Saman adalah koreografi gerakannya yang sporadis, ritmis, namun tetap mempertahankan estetika komposisi dan keluwesan gerakan para penarinya. Tari saman biasanya ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik, akan tetapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang disinkronisasikan dengan gerakan menghempaskan badan ke berbagai arah.

Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut syekh. Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini, maka para penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna.