Tari Saman Berasal Dari Daerah Aceh Yang Menggambarkan Tentang?

0 Comments

Tari Saman Berasal Dari Daerah Aceh Yang Menggambarkan Tentang
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Pertunjukan tari Saman di sekitar candi Borobudur, Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan atau dakwah. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Sebelum saman dimulai yaitu sebagai mukaddimah atau pembukaan, tampil seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton.

Tari Saman menggambarkan tentang apa?

Gerakan Tari Saman – Tari Saman memiliki dua unsur utama dalam gerakannya yaitu tepuk dada dan tepuk tangan. Gerakan-gerakan tersebut di dalam bahasa Gayo dikenal dengan nama gerak guncang, kirep, lingang dan surang-saring. Dalam melakukan tarian ini penari harus berbaris membentuk garis lurus ke samping.

Makna dari tarian ini menggambarkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain. Pola duduk dengan kaki yang bertumpu seperti duduk diantara dua sujud juga melambangkan umat Islam yang sedang membentuk shaf ketika sedang melakukan sholat. Itulah penjelasan tentang pola lantai Tari Saman beserta gerakan tariannya.

Yuk terus lestarikan budaya Indonesia, detikers! Simak Video ” Pertunjukkan Tari Saman yang Mengagumkan, Aceh ” (faz/lus)

Apa makna dari tari Saman brainly?

Makna tari saman adalah memberikan sebuah cerminan terhadap pendidikan, sopan santun, keagamaan, kepahlawanan hingga kepada kebersamaan serta kekompakan.