Sumber Daya Alam Yang Terbesar Di Aceh Adalah?

0 Comments

Sumber Daya Alam Yang Terbesar Di Aceh Adalah
Provinsi Aceh merupakan satu-satunya daerah istimewa yang beradadi Pulau Sumatra. Wilayah Provinsi Aceh memiliki sumber daya alam yang melimpah berupa bahan tambang, seperti minyak bumi, batubara, tembaga, timah hitam, dan gas alam, Selain itu, terdapat pula sumber daya alam yang berasal dari hasil hutan, seperti kelapa sawit, cengkeh, coklat, kemiri, kopi, dan karet.

Sumber daya alam apakah yang sangat potensi bagi Indonesia?

Kamu tentunya sadar, dong, kalau sumber daya alam di Indonesia itu sangat kaya, mulai dari hutan, laut, minyak bumi, gas, batu bara, hingga emas. Semua kekayaan itu dimiliki oleh Indonesia dan tersebar di berbagai provinsi yang ada, dari Sumatera hingga Papua.

Apa sumber daya alam Aceh?

Padahal Aceh dikaruniai kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan untuk mengangkat aktivitas ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Dari bidang pertambangan, Aceh adalah penghasil perak, gas alam, minyak bumi, emas, dan batu bara. Gas alam mungkin yang paling terkenal, Aceh memiliki Lapangan Arun yang legendaris.

  • Lapangan Arun di Aceh telah berproduksi sejak tahun 1970-an untuk memenuhi kebutuhan pabrik Pupuk Iskandar Muda, pembangkit listrik, serta ekspor LNG ke Jepang dan Korea.
  • Pada saat itu, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi adalah ExxonMobil Oil Indonesia yang saat ini sudah beralih ke PHE NSO-NSB.
You might be interested:  Siasat Yang Dipakai Belanda Dalam Menghadapi Perang Aceh?

KKKS lain yang beroperasi di Aceh saat ini adalah Medco E&P Malaka, Triangle Pase Inc dan ENI Krueng Mane Ltd, sedangkan di Sumatra Bagian Utara KKKS yang beroperasi adalah Pertamina EP Asset 1 dan EMP Gebang. Per Januari 2017, cadangan gas bumi Region I sebesar 6,60 TSCF yang berupa cadangan terbukti ( proven reserves ) sebesar 1,33 TSCF dan cadangan potensial ( probable and possible reserves ) sebesar 5,27 TSCF.

  1. PT Medco E&P Malaka mendominasi kepemilikan cadangan sebesar 3,68 TSCF disusul PHE NSO-NSB sebesar 1,11 TSCF, Pertamina EP Asset 1 sebesar 0.83 TSCF dan sisanya sebesar 0,98 TSCF dari tiga Wilayah Kerja lainnya yaitu Gebang, Krueng Mane, dan Pase.
  2. Selain pasokan gas bumi dari lapangan yang ada di Region I, saat ini gas bumi juga didatangkan dari Tangguh melalui Terminal Regasifikasi Arun.

Fasilitas ini merupakan fasilitas eks LNG Plant yang dikonversi menjadi fasilitas regasi kasi. Gas bumi tersebut kemudian dialirkan ke Belawan melalui pipa transmisi Arun-Belawan berdiameter 24 inci dengan kapasitas terpasang 200 MMSCFD untuk memenuhi kebutuhan PLN dan industri di Medan dan sekitarnya.

Apa sumber daya alam pulau Kalimantan?

Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan malaysia, Kalimantan Utara Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Sulawesi. Luas total Kalimantan Timur adalah 127, 446,92 k dengan populasi sebesar 3.575.449 Jiwa pada tahun 2017.

  1. Alimantan Timur merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di Indonesia.
  2. Ibu Kota Provinsi ini adalah Kota Samarinda.
  3. Provinsi Kalimantan Timur sebelum proses pemekaran menjadi Kalimantan Utara merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua dengan luas 194, 489 Km yang hampir sama dengan ruas Pulau Jawa.
You might be interested:  Taktik Perang Apa Yang Digunakan Para Pahlawan Aceh?

Provinsi Kalimantan Timur terbagi menjadi 7 Kabupaten dan 3 Kota dengan 107 kecamatan dan 1.032. Tujuh Kabupaten antara lain adalah Penajam Paser, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Berau dan Mahakam Ulu. Sedangkan Kota besar ada pada Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan Kota Bontang.

  • Alimantan Timur merupakan pintu gerbang utama Wilayah Indonesia Timur.
  • Daerah yang terkenal sebagai gudang kayu dan hasil tambang ini mempunyai ratusan sungai yang tersebar pada hampir seluruh kabupaten atau kota dan merupakan sarana angkutan Utama selain angkatan darat, dengan sungai yang terpanjang adalah Sungai Mahakam.

Kalimantan Timur memiliki beberapa tujuan wisata seperti kepulauan Derawan Berau, Taman Nasional Kayan Mentarang dan Batu Lamampu, Nunukan. Peternakan buaya di balikpapan, peternakan Rusa di Penajam, Kampung Dayak Samarinda dan lain-lain. Hasil utama provinsi Kalimantan adalah Minyak, Gas, Alam dan Batu Bara.

Sektor lainnya bergerak dalam bidang Agrikultur, Pariwisata dan Industri pengolahan. Daerah Balikpapan dan Bontang mulai mengembangkan kawasan industri dalam bermacam bidang dengan tujuan untuk mempercepat roda pertumbuhan ekonomi. Sementara kabupaten kini membuka wilayahnya untuk digunakan sebagai perkebunan seperti kelapa sawit dan lain-lain.

Hasil sumber daya alam sebagian besar telah diekspor keluar negeri, sehingga kaltim merupakan penghasil devisa utama bagi Indonesia khususnya dari sektor pertambangan dan kehutanan. Berikut adalah Potensi Sumber Daya yang terdapat di Kalimantan Timur.

Apa sumber daya alam yang ada di Malaysia?

2. Malaysia – Yuk, beranjak ke negara tetangga dari sisi pulau Kalimantan, yaitu Malaysia. Malaysia merupakan negara yang masih serumpun sama kita, lho! Hal ini dibuktikan dengan kondisi geografis yang hampir sama, dan potensi sumber daya alam yang dimilikinya pun hampir serupa dengan negara kita.

You might be interested:  Jurusan Di Lp3I Banda Aceh?

Macam macam sumber daya alam apa saja?

Apa Contoh-contoh SDA? – Secara umum, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu biotik/hayati dan abiotik/non-hayati. Beberapa contoh SDA biotik yaitu tumbuhan, hewan dan mikroorganisme. Sedangkan contoh SDA abiotik seperti air, logam, sinar matahari, tanah, batuan, minyak bumi dan semisalnya.

Apa saja sumber daya alam negara Thailand?

Jawaban: Negara Thailand mampu menghasilkan pertanian berupa beras, jagung, tebu, ubi-ubian, karet, cengkeh, kayu jati, hingga kayu besi. Tidak hanya itu, Thailand juga punya pertambangan timah, tembaga, minyak bumi, gas alam, bijih besi, emas, timbal, dan wolfram. Semoga bermanfaat : )

Apa penyebab Aceh menjadi bandar perdagangan yang memiliki kedudukan penting di Indonesia?

1) Letak Ibu kota Aceh yang sangat strategis.2) Pelabuhan Aceh ( Olele ) memiliki persyaratan yang baik sebagai pelabuhan dagang.3) Daerah Aceh kaya dengan tanaman lada sebagai mata dagangan ekspor yang penting.4) Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis menyebabkan pedagang Islam banyak yang singgah ke Aceh.