Senjata Yang Digunakan Oleh Rakyat Aceh Adalah?

0 Comments

Senjata Yang Digunakan Oleh Rakyat Aceh Adalah
Rencong atau Rincong atau Rintjoeng adalah senjata pusaka bagi rakyat Aceh dan merupakan simbol keberanian,keperkasaan,pertahanan diri dan kepahlawanan aceh dari abad ke abad. Menurut salah satu sumber Rencong telah dikenal pada awal Islam Kesultanan di abad ke-13.

Apa keunikan senjata rencong?

Rencong Senjata Tradisional Aceh Berbentuk Kalimat Bismillah – Senjata Yang Digunakan Oleh Rakyat Aceh Adalah Sumber: Aceh.my.id Sejak dulu, mata rencong tak pernah berubah bentuk. Hal ini dikarenakan bentuknya yang unik, yaitu mencerminkan kalimat Bismillah. Gagangnya yang melekuk dan menebal di sikunya melambangkan huruf hijaiyah Ba, sementara bujuran gagangnya membentuk aksara Sin.

  1. Sudut lancip yang menurun pada pangkal besi dekat gagangnya adalah huruf Mim, kemudian lajur besi dari pangka gagal hingga dekat ujungnya adalah huruf Lam.
  2. Lalu ujungnya yang meruncing dan mendatar di bagian atas serta bagian bawahnya yang sedikit melekuk ke atas membentuk aksara Ha.
  3. Ini di zaman modern rencong kerap digunakan sebagai atribut busana tradisional.

Benda ini juga dijadikan atribut pengantin laki-laki Aceh yang melambangkan keberanian lelaki memimpin keluarganya setelah menikah. Senjata tajam ini juga dapat ditemukan dengan di berbagai toko kerajinan khas Aceh. Baca Juga: 40 Nama khas Aceh yang unik dan penuh makna untuk calon bayi Anda 5 Pasangan Artis yang Memilih Menggunakan Adat Aceh di Hari Pernikahannya Pesona Khas Serambi Mekah! Inilah 18 Artis Berdarah Aceh yang Sungguh Menawan Hati Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent ! Tersedia di iOS dan Android,

Apa kegunaan senjata rencong?

1. Mengandung Nilai Historis Kerajaan Aceh di Masa Lalu – Senjata Yang Digunakan Oleh Rakyat Aceh Adalah Foto: Pariwisataindonesia.id Rencong tak hanya memberikan fungsi sebagai senjata perlindungan diri, tetapi juga memberikan nilai historikal kerajaan-kerajaan Aceh di masa lalu. Pasalnya, senjata ini sudah digunakan oleh para raja dan bangsawan. Dahulu rincong selalu terselip di pengikat pinggang para Sultan Aceh yang menandakan mereka siap menghadapi segala bahaya yang menghadang.

You might be interested:  Belanda Mengutus Seorang Ahli Yang Mencari Kelemahan Rakyat Aceh Yang Bernama?

Apa itu senjata Siwah?

1. Senjata Siwah – https://id.wikipedia.org Senjata tradisional pertama yang harus Kamu tahu adalah siwah. Siwah adalah senjata tajam yang memiliki bentuk seperti corong. Senjata ini biasa digunakan untuk menyerang lawan. Meskipun bentuknya seperti corong, namun ukuran yang dimiliki oleh senjata ini ternyata berbeda dengan ukuran corong.

Bahkan ukurannya jauh lebih besar dan melebihi ukuran corong pada umumnya. Saat ini, jenis senjata tradisional ini bisa dikatakan langka, bahkan harganya juga sangat mahal. Pasalnya, senjata ini merupakan bagian perlengkapan senjata raja-raja di Aceh. Senjata ini juga memiliki hiasan emas dan permata di bagian senjatanya.

Selain itu, terdapat sarung dan pegangan yang berfungsi sebagai pegangan. Hal inilah yang menjadikan senjata ini terlihat indah meskipun sangat tajam dan berbahaya.