Sebutkan Beberapa Sultan Yang Memerintah Kerajaan Aceh?

0 Comments

Sebutkan Beberapa Sultan Yang Memerintah Kerajaan Aceh

  • Sultan Malikul Saleh (1267-1297 M)
  • Sultan Muhammad Malikul Zahir (1297-1326 M)
  • Sultan Mahmud Malik Az-Zahir (1326 ± 1345.
  • Sultan Malik Az-Zahir (?- 1346)
  • Sultan Ahmad Malik Az-Zahir yang memerintah (ca.
  • Sultan Zain Al-Abidin Malik Az-Zahir yang memerintah (1383-1405)
  • Sultanah Nahrasiyah, yang memerintah (1405-1412)

Meer items

Sebutkan raja raja yang pernah memerintah Kerajaan Aceh dan pada masa raja siapa yang mencapai puncak kejayaan?

KOMPAS.com – Kerajaan Aceh adalah kerajaan Islam di Sumatera yang didirikan oleh Sultan Ali Mughayat Syah pada 1496 M. Meski begitu, Kesultanan Aceh baru menjadi penguasa setelah mengambil alih Samudera Pasai pada 1524 M, dan runtuh pada awal abad ke-20.

  • Ibu kota Kerajaan Aceh terletak di Kutaraja atau Banda Aceh (sekarang).
  • Erajaan ini mencapai puncak kejayaanya pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636 M).
  • Di bawah kekuasaannya, Aceh berhasil menaklukkan Pahang yang merupakan sumber timah utama dan melakukan penyerangan terhadap Portugis di Melaka.

Selain itu, kejayaan Aceh tidak lepas dari letak kerajaannya yang strategis, yaitu di dekat jalur pelayaran dan perdagangan internasional.

Siapa Sultan Aceh yang sekarang?

Laporan Fikar W Eda | Jakarta SERAMBINEWS.COM, JAKARTA – Sebagian besar keturunan Sultan Aceh terakhir, Sultan Alaidin Muhammad Daud Syah ternyata berdomisili di Jakarta, Berikut silsilah Sultan Muhammad Daud Syah yang dikirim salah seorang cucu sultan, Tengku Dian Anggraeni kepada Serambinews.com, Senin (4/10/2021).

Tuanku Sultan Alaidin Muhammad Daud Syah memiliki empat istri. Istri pertama bernama Permaisuri Teungku Putroe Gambar Gading (dimakamkan di TPU Kemiri Utan Kayu, Rawamangun, Jakarta Timur). Dari permaisuri ini, lahir anak kembar yaitu Tuanku Raja Cut Rayeuk (mangkat ketika masih bayi) dan Tuanku Raja Ibrahim yang disebut juga Tuanku Raja Manyak.

Tuanku Raja Ibrahim menikah dengan tujuh istri, (1) Potjut Hamidah, dikaruniai dua orang anak yakni Tengku Putro Safiatuddin Cahya Nur Alam, tinggal di Mataram (almarhumah) dan Tengku Putro Darma Kasmi Cahya Nur Alam (almarhumah). Baca juga: Gubernur Anies Baswedan Pesankan Dibuat Barcode Tentang Jejak Sultan Aceh Muhammad Daud Syah Istri kedua (2) bernama Tjupo Hawa.

You might be interested:  Berikut Ini Tari Yang Berasal Dari Nanggroe Aceh Darussalam Adalah?

Dikarunia tiga anak yaitu Tuanku Raja Zainal Abidin (almarhum, dan dimakamkan di Riweuk pidie), Tengku Putro Sariawan Ratna Keumala (tinggal di Banda Aceh), dan Tuanku Raja Mansyur (almarhum). Istri ketiga (3) bernama Tjupo Hafsah. Memperoleh anak Tengku Putro Rengganis Jaya Kusuma (tinggal di Tangse Pidie), Tuanku Raja Kamaluddin (almarhum, meninggal di Banda Aceh saat tsunami 2004).

Istri keempat (4) Tjupo Chatidjah, lahir anak Tuanku Raja Johan (almarhum, dimakamkan di Cot Sukon Langga Pidie), Tuanku Raja Syamsuddin (tinggal di Lhokseumawe), dan Tuanku Raja Muhammad Daud (tinggal di Lhokseumawe).