Rumah Adat Yang Berasal Dari Daerah Aceh?

0 Comments

Rumah Adat Yang Berasal Dari Daerah Aceh
Jakarta – Rumah adat masyarakat Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam disebut dengan Rumoh Aceh. Beberapa literatur juga menyebutnya sebagai rumah Krong Bade. Banyak orang Aceh pada zaman dahulu mendiami rumah dengan tipe rumah seperti Rumoh Aceh ini.

  • Namun, sayangnya hanya tersisa beberapa tempat saja sekarang.
  • Melansir dari laman resmi Kemendikbud, Rumoh Aceh bahkan sudah diabadikan di komplek Kantor Museum Aceh, Banda Aceh, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Rumah Cut Nyak Dhien di Desa Lampisang, 10 km dari pusat Kota Banda Aceh.
  • Aceh merupakan pintu masuk bagi penyebaran agama Islam di Indonesia.

Hal inilah yang menyebabkan budaya Aceh erat berkait dengan budaya Islam. Hal ini terbukti dari bentuk bangunan rumah adatnya beserta keunikan di dalamnya.

Apa nama rumah adat dari daerah Aceh?

Nama Rumah Adat Aceh – Masyarakat suku Aceh menyebut rumah adat mereka dengan nama Rumoh Aceh, Layaknya rumah adat suku-suku di Pulau Sumatera, Rumoh Aceh juga merupakan rumah panggung yang memiliki tiga bagian. Panggung pada Rumoh Aceh tergolong tinggi, yaitu sekitar 2,5 hingga 3 meter.

Setiap rumah ini selalu terdapat rambat atau ruang utama. Adapun ruang-ruang yang lain umumnya tergantung pada kemampuan dan kebutuhan masyarakat. Nantinya jumlah ruangan akan mempengaruhi panjang rumah dan tiang yang menyangganya. Seperti rumoh yang memiliki tiga ruang misalnya, ia harus disangga oleh setidaknya 16 tiang.

Fakta Rumah Adat Aceh Yang unik Banget!

Sementara lima ruang, akan disangga 24 tiang.

Apa nama daerah rumah adat Krong Bade?

Rumah Krong Bade Rumah Krong Bade merupakan rumah norma budaya dari Nanggroe Aceh Darussalam, Rumah Krong Bade juga biasa dikenal dengan nama rumoh Aceh, Rumah ini memiliki tangga depan yang dipergunakan bagi tamu atau orang yang tinggal kepada masuk di dalam rumah.

  1. Rumah Krong Bade merupakan satu adat Indonesia yang hampir punah.
  2. Rumah Krong Bade ketika ini sudah jarang digunakan sebab hampir beberapa jumlah penduduk aceh memilih kepada tinggal di rumah modern.
  3. Hal ini disebabkan harga pembangunan rumah modern jauh bertambah murah dibandingkan dengan Rumah Krong Bade.
You might be interested:  Wilayah Aceh Yang Dijadikan Kawasan Pertambangan Emas Dan Perak Adalah?

Selain biaya pembangunan, biaya perawatan Rumah Krong Bade juga memakan biaya yang tidak sedikit.