Raja Raja Aceh Yang Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis Serta Pencapaiannya?

0 Comments

Raja Raja Aceh Yang Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis Serta Pencapaiannya
Setelah Malaka dapat dikuasai oleh Portugis pada tahun 1511, terjadilah persaingan dagang antara pedagang-pedagang Portugis dan pedagang di Nusantara. Portugis ingin selalu menguasai perdagangan. Makala, terjadilah perlawanan-perlawanan terhadap Portugis. Berikut ini adalah Raja Kerajaan Aceh yang melawan Portugis.

Sultan Ali Mughayat Syah (1514–1528) berhasil membebaskan Aceh dari upaya penguasaan bangsa Portugis. Sultan Alaudin Riayat Syah (1537–1568) berani menentang dan mengusir Portugis yang bersekutu dengan Johor. Sultan Iskandar Muda (1607–1636). Raja Kerajaan ini terkenal sangat gigih melawan Portugis adalah Iskandar Muda. Pada tahun 1615 dan 1629, Iskandar Muda melakukan serangan terhadap Portugis di Malaka.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Apa saja perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis?

Perlawanan Aceh terhadap Portugis – Perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis dilakukan sejak tiga dekade awal abad ke-16, dan berhasil mengusirnya dari Daya (1520), Pidie (1521), dan Pasai (1524). Sejak kedatangannya di Malaka, Portugis dianggap sebagai saingan Aceh dalam bidang politik, ekonomi, dan penyebaran agama.

Keinginan Aceh menguasai jalur perdagangan di selat Malaka Ambisi Portugis untuk memonopoli perdagangan Aceh Portugis melakukan blokade terhadap perdagangan Aceh Portugis melakukan penangkapan kapal-kapal Aceh

Pada 1537, Aceh untuk pertama kalinya mengirim ekspedisi ke Malaka untuk melakukan serangan militer terhadap Portugis. Perlawanan rakyat Aceh melawan Portugis kala itu dipimpin langsung oleh Sultan Alauddin, yang didukung oleh sekitar 3.000 tentara. Baca juga: Persiapan Aceh Melawan Portugis Meski cara rakyat Aceh melakukan perlawanan terhadap Portugis masih menemui kegagalan, tetapi Sultan belum menyerah.

You might be interested:  Kelengkapan Bahan Makanan Yang Sesuai Pada Penyajian Mie Aceh Adalah?

Melengkapi kapal dagang dengan persenjataan, meriam, dan prajurit. Mendatangkan bantuan persenjataan, tentara, dan ahli dari Turki Ottoman Mendatangkan bantuan dari Kalikut dan Jepara

Setelah penyerangan pertama menemui kegagalan, Aceh melancarkan serangan lanjutan pada 1547, 1568, 1573,1574, dan 1577, tetapi belum juga berhasil mengusir Portugis. Ketika Aceh dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636), kerajaan ini kembali membombardir Malaka.

  1. Meski sempat unggul di awal peperangan, untuk kesekian kalinya Aceh harus mengakui kekalahannya dan Portugis masih mampu bertahan di Malaka.
  2. Meski terus mengalami kegagalan, tidak dianggap sebagai akhir perlawanan Aceh terhadap Portugis Perlawanan Aceh terhadap Portugis di Malaka berlangsung selama kurang lebih satu abad.

Baca juga: Alfonso de Albuquerque, Arsitek Utama Ekspedisi Portugis di Asia

Apa hasil dari perlawanan terhadap Portugis?

Portugis serakah, ikut campur dalam pemerintahan, membenci agama rakyat Ternate, dan bersikap sewenangwenang.2. Pemimpin rakyat Aceh dan Ternate yang melakukan perlawanan: Aceh: Sultan Ali Mughayat Syah (1514-1528) Sultan Alaudin Riayat Syah (1537-1568) Sultan Iskandar Muda (1607-1636) Ternate: Sultan Hairun Sultan Baabullah 3.

  • Hasil perlawanan: Benteng Portugis dapat direbut, kemudian Portugis menyingkir ke Hitu dan akhirnya menguasai dan menetap di Timor-Timur sampai tahun 1975.
  • Unci jawaban Tema 7 Kelas 5 halaman 37 Setiap kelompok mencari informasi tentang perjuangan para tokoh sesuai dengan bagiannya masing-masing.
  • Carilah dari buku-buku yang ada di perpustakaan, media elektronik, guru, atau sumber lain.

Jawaban: Sesuai dengan informasi yang diterima masing-masing peserta didik.

Jelaskan perlawanan rakyat Aceh melawan Portugis dan siapa pemimpinnya?

Raja Raja Aceh Yang Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis Serta Pencapaiannya RaymondSutanto, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1: Apa Alasan Aceh dan Ternate Melakukan Perlawanan terhadap Portugis serta Siapa Pemimpin Perlawanan Itu? Bobo.id – Teman-teman, pada materi pelajaran kelas 5, tema 7, subtema 1, kita mempelajari tentang peristiwa kebangsaan masa penjajahan.

  1. Di antara berbagai peristiwa penting pada masa penjajahan, ada juga perlawanan bangsa Indonesia terhadap Portugis.
  2. Salah satunya, perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Ternate dan Aceh.
  3. Apa alasan rakyat Aceh dan Ternate melakukan perlawanan terhadap Portugis, ya? Kemudian, siapa pemimpin rakyat Aceh dan Ternate saat melakukan perlawanan terhadap Portugis dan bagaimana hasil perlawanan itu? Cari tahu kunci jawabannya, yuk! Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1: Apa Arti Gold, Glory, dan Gospel yang Menjadi Semboyan Penjelajah Eropa? Apa Alasan rakyat Aceh dan Ternate Melakukan Perlawanan terhadap Portugis? Bangsa Portugis merupakan bangsa Eropa pertama yang datang ke Indonesia.
You might be interested:  Alamat Shopee Express Standard Banda Aceh?

Bangsa Portugis tiba di Indonesia (Nusantara) pada 1511, tepatnya di wilayah Malaka. Alasan rakyat Aceh melakukan perlawanan terhadap Portugis adalah adanya persaingan dagang antara pedagang Portugis dengan pedagang Nusantara. Saat itu, pedagang dari Portugis ingin selalu menguasai perdagangan. Raja Raja Aceh Yang Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis Serta Pencapaiannya Designed by macrovector / Freepik Ilustrasi penjelajahan bangsa Eropa abad pertengahan Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1: Apa Faktor yang Melatarbelakangi Bangsa Eropa Melakukan Penjelajahan Samudra? Pemimpin Rakyat Aceh dan Ternate dalam Perlawanan terhadap Portugis Dalam perlawanan terhadap Portugis, rakyat Aceh dipimpin oleh: – Sultan Ali Mughayat Syah (pemimpin Kerajaan Aceh tahun 1514 – 1528) yang berhasil membebaskan Aceh dari upaya penguasaan bangsa Portugis.

Mengapa serangan Kerajaan Aceh kepada Portugis selalu mengalami kegagalan?

Jawaban: Faktor penyebab kegagalan serangan Aceh terhadap Portugis di Malaka adalah: √Tidak dipersiapkan dengan baik. √Perlengkapan senjata yang digunakan masih sederhana. √Terjadi konflik internal dikalangan pejabat Kerajaan Aceh. Penjelasan: jadikan yang terbaik