Pulau Rondo Di Aceh Merupakan Pulau Yang Menandai Perbatasan Indonesia Dengan?

0 Comments

Pulau Rondo Di Aceh Merupakan Pulau Yang Menandai Perbatasan Indonesia Dengan
Pulau Rondo adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Andaman dan berbatasan dengan wilayah negara India, yaitu Kepulauan Nikobar. Pulau ini merupakan wilayah paling utara dari Republik Indonesia dan secara administratif merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, Provinsi Aceh.

Apa yang dimaksud dengan pulau Rondo?

Gambaran Umum – Pulau Rondo terletak di ujung Utara Sumatera tepatnya di ujung Barat Pulau Weh dan merupakan pulau terluar yang berbatasan dengan negara India. Posisi Pulau Rondo sangat strategis, yaitu di ujung Barat Indonesia dan merupakan jalur pelayaran internasional.

Pulau ini termasuk dalam 12 pulau terluar prioritas. Pulau Rondo termasuk dalam wilayah administrasi Kelurahan Ujung Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi NAD. Pulau ini tidak dihuni secara tetap, tetapi secara bergantian oleh Marinir dan petugas jaga mercusuar. Pulau ini terletak di Samudera Hindia dan berbatasan dengan negara India.

Secara geografis Pulau Rondo terletak pada koordinat 06º04’30” U dan 95º06’45” T. Pulau ini merupakan salah satu pulau kecil yang ada di wilayah Kabupaten Sabang, selain Pulau Weh, Klah, Rubiah dan Seulako. Di pulau ini terdapat titik dasar (TD) no.177 dan titik referensi (TR) no.177 dan sebuah mercusuar.

Masalah apa yang dimiliki oleh Pulau Rondo?

Pembahasan – 1. Dimanakah letak Pulau Rondo? Jawaban : Pulau Rondo terletak di sebelah Utara dari Pulau Weh. Letak astronomis Pulau Rondo adalah 6° 4′ 30” LU dan 95° 6′ 45” BT.2. Apa potensi yang dimiliki oleh Pulau Rondo? Jawaban : Pulau Rondo memiliki potensi Minyak Bumi dan Pariwisata.

  1. Pulau Rondo memiliki hutan yang lebat dan pantai pasir putih dengan pemandangan yang indah.
  2. Selain itu, wilayah laut di sekitar Pulau Rondo merupakan wilayah pertemuan arus utara dan selatan, sehingga memiliki berbagai jenis ikan laut dan terumbu karang.3.
  3. Masalah apa yang dimiliki oleh Pulau Rondo? Jawaban : Pulau Rondo merupakan pulau terdepan Indonesia, yang terletak pada bagian barat Indonesia dan berbatasan langsung dengan Kepulauan Nikobar, India.
You might be interested:  Sebutkan Raja-Raja Aceh Yang Melakukan Perlawanan Terhadap?

Meskipun secara administratif pulau ini masuk ke dalam wilayah kota Sabang, akan tetapi pulau ini memiliki kesulitan akses transportasi sehingga sulit untuk dijangkau. Pulau ini pun menjadi tidak berpenghuni.4. Bentuk perhatian apa yang diberikan pemerintah terhadap Pulau Rondo? Jawaban : Pemerintah menugaskan pasukan TNI untuk menjaga dan mengamankan Pulau Rondo yang termasuk dalam Pulau terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa itu Pulau Rondo?

Secara administratif, Pulau Rondo termasuk dalam wilayah Kelurahan Ujung Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam (NAD). Pulau Rondo sebenarnya menyimpan banyak keunikan dan hanya mampu dicapai oleh orang-orang tertentu saja, yang memiliki kesehatan prima, juga kemampuan bertahan hidup dalam keadaan terbatas.

Mengapa Pulau Rondo tidak berpenghuni?

Keunikan pulau yang tidak berpenghuni tersebut salah satunya, yaitu sebenarnya merupakan titik nol kilometer Indonesia. Namun, karena sulit untuk mencapai Pulau Rondo, maka titik nol kilometer pun dipindah ke Kota Sabang, sehingga sebagian besar masyarakat Indonesia lebih mengetahui Kota Sabang lah titik nol kilometer Indonesia.

Berapa jarak Pulau Rondo dengan Kota Sabang?

Melansir dari laman resmi Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia, Jumat (2/2/2018), jarak Pulau Rondo dengan Kota Sabang sekira 15,6 kilometer, sementara dengan Kelurahan Iboih 9,3 kilometer, dan yang terdekat jaraknya dengan Kelurahan Ujung Ba’u sekira 4,8 kilometer.

Mengapa Pulau Rondo dijuluki pulau mati?

Pulau Rondo juga dijuluki Pulau Mati, karena tidak berpenghuni, sering ditemui ular piton, juga sulit mendapatkan sumber air bersih. Bagi traveler yang penasaran mengunjungi Pulau Rondo, sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu dan harus menyiapkan fisik, juga daya tahan tubuh, serta kemampuan untuk bertahan dalam keadaan serba terbatas.