Perang Aceh Kapan?

0 Comments

Perang Aceh Kapan
Mensen zoeken ook naar Padri‑oorlogen 1803 Java‑oorlog 21 juli 1825 Eerste Atjehexpeditie maart 1873

Kapan berakhirnya Perang Aceh?

KOMPAS.com – Perlawanan rakyat Aceh dalam mengusir penjajah Belanda atau yang disebut Perang Aceh berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Dalam sejarahnya, Perang Aceh terjadi pada tahun 1873 dan berakhir pada 8 Februari 1904. Artinya, perang ini berlangsung selama 31 tahun.

Kenapa rakyat Bali berani melawan Belanda?

Latar belakang perlawanan – Pemerintah kolonial Belanda menganggap tradisi Hak Tawan Karang tidak dapat diterima dan mengajukan untuk menghapus Hak Tawan Karang. Atas bujukan Belanda, raja-raja di Bali dapat menerima perjanjian untuk menghapus Hukum Tawan Karang.

Namun, sampai tahun 1844 Raja Buleleng dan Karangasem masih menolak penghapusan tersebut dan masih menerapkan Hak Tawan Karang. Baca juga: Perang Pattimura Melawan Belanda Dalam Sejarah Indonesia Modern 1200-2004 (1981) karya M.C Ricklefs, latar belakang perlawanan rakyat Bali terhadap Belanda adalah : Dipaksakannya penghapusan Hak Tawan Karang kepada kerajaan-kerajaan di Bali.

Kerajaan Buleleng tidak terima atas tuntutan ganti rugi yang diajukan oleh Belanda karena 2 kapal Belanda yang karam di perairan Bali diakuisisi oleh Kerajaan Buleleng.

Apakah Aceh menang melawan Portugis?

Persiapan Sultan Iskandar Muda – Kesultanan Aceh semakin tumbuh menjadi kekuatan besar pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Serangan yang diarahkan ke Malaka pun tidak hanya bertujuan mengusir Portugis, tetapi juga untuk mewujudkan mimpi menyatukan Aceh dan Malaka.

Mendatangkan kuda-kuda dari Persia Membentuk pasukan gajah dan milisi infanteri Menyediakan kapal yang mampu memuat 600-800 prajurit Menempatkan pasukan pengawas di jalur-jalur perdagangan wilayah kekuasaannya

Permusuhan antara Aceh dan Portugis berlangsung terus-menerus tetapi sama-sama tidak berhasil mengalahkan, sampai akhirnya Malaka jatuh ke tangan VOC pada 1641. Referensi:

You might be interested:  Bank Mandiri Di Banda Aceh?

Makfi, Samsudar. (2019). Perlawanan terhadap Penjajah di Sumatra dan Jawa. Singkawang: Maraga Borneo Tarigas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.