Pemimpin Rakyat Aceh Dan Ternate Yang Melakukan?

0 Comments

Pemimpin Rakyat Aceh Dan Ternate Yang Melakukan
Perkembangan Aceh yang begitu pesat ini dipandang oleh Portugis sebagai ancaman. Oleh karena itu, Portugis berupaya untuk menghancurkan Aceh. Sebaliknya Aceh pun demikian, Aceh segera melancarkan serangan terhadap Portugis di Malaka. Portugis harus bertahan mati-matian di Benteng Formosa.

Siapa pemimpin Ternate yang melakukan perlawanan terhadap Portugis?

KOMPAS.com – Sultan Khairun atau Sultan Hairun adalah penguasa Kerajaan Ternate ke-23, yang berkuasa antara 1534-1570. Di masa pemerintahannya, rakyat Maluku mulai memberikan perlawanan terhadap Portugis. Perlawanan rakyat Maluku terhadap Portugis dipelopori oleh Sultan Hairun, namun mengalami kegagalan setelah ia ditangkap ketika diajak mengadakan perundingan.

Mengapa rakyat Aceh dan Ternate melakukan perlawanan terhadap kedatangan Portugis?

Pemimpin Rakyat Aceh Dan Ternate Yang Melakukan RaymondSutanto, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1: Apa Alasan Aceh dan Ternate Melakukan Perlawanan terhadap Portugis serta Siapa Pemimpin Perlawanan Itu? Bobo.id – Teman-teman, pada materi pelajaran kelas 5, tema 7, subtema 1, kita mempelajari tentang peristiwa kebangsaan masa penjajahan.

Di antara berbagai peristiwa penting pada masa penjajahan, ada juga perlawanan bangsa Indonesia terhadap Portugis. Salah satunya, perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Ternate dan Aceh. Apa alasan rakyat Aceh dan Ternate melakukan perlawanan terhadap Portugis, ya? Kemudian, siapa pemimpin rakyat Aceh dan Ternate saat melakukan perlawanan terhadap Portugis dan bagaimana hasil perlawanan itu? Cari tahu kunci jawabannya, yuk! Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1: Apa Arti Gold, Glory, dan Gospel yang Menjadi Semboyan Penjelajah Eropa? Apa Alasan rakyat Aceh dan Ternate Melakukan Perlawanan terhadap Portugis? Bangsa Portugis merupakan bangsa Eropa pertama yang datang ke Indonesia.

You might be interested:  Kapan Terjadinya Bencana Tsunami Di Aceh?

Bangsa Portugis tiba di Indonesia (Nusantara) pada 1511, tepatnya di wilayah Malaka. Alasan rakyat Aceh melakukan perlawanan terhadap Portugis adalah adanya persaingan dagang antara pedagang Portugis dengan pedagang Nusantara. Saat itu, pedagang dari Portugis ingin selalu menguasai perdagangan. Pemimpin Rakyat Aceh Dan Ternate Yang Melakukan Designed by macrovector / Freepik Ilustrasi penjelajahan bangsa Eropa abad pertengahan Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1: Apa Faktor yang Melatarbelakangi Bangsa Eropa Melakukan Penjelajahan Samudra? Pemimpin Rakyat Aceh dan Ternate dalam Perlawanan terhadap Portugis Dalam perlawanan terhadap Portugis, rakyat Aceh dipimpin oleh: – Sultan Ali Mughayat Syah (pemimpin Kerajaan Aceh tahun 1514 – 1528) yang berhasil membebaskan Aceh dari upaya penguasaan bangsa Portugis.

Siapa saja yang melakukan perlawanan terhadap Portugis?

Perlawanan Demak terhadap Portugis – Ketika Malaka jatuh ke tangan Portugis, aktivitas perdagangan, khususnya pedagang Muslim, menjadi terganggu. Oleh karena itu, Kerajaan Demak juga mengirim pasukannya untuk mengusir bangsa Portugis. Perlawanan terhadap Portugis dilakukan oleh Demak lebih dari satu kali, yakni di bawah Pati Unus dan Fatahillah.

Namun, perlawanan yang dilakukan Pati Unus belum berhasil menggempur kedudukan Portugis di Malaka. Setelah sempat menemui kegagalan, perjuangan Demak akhirnya membawa hasil yang menggembirakan. Pada 1527, pasukan gabungan Demak, Cirebon, dan Banten diberangkatkan untuk membendung pengaruh Portugis yang akan merambah Sunda Kelapa.

Akhirnya, pada 22 Juni 1527, Sunda Kelapa berhasil direbut oleh Fatahilllah, yang kemudian mengubah namanya menjadi Jayakarta. Peristiwa itu menandai akhir perlawanan Demak terhadap Portugis, Pemimpin Rakyat Aceh Dan Ternate Yang Melakukan Wikimedia Commons Kepulauan Maluku yang dijuluki sebagai The Spicy Island pada 1810. Baca juga: Perlawanan Demak terhadap Portugis

Siapakah pemimpin kesultanan dari Ternate dan Aceh yang melawan Portugis?

Pemimpin Rakyat Aceh Melakukan Perlawanan terhadap Bangsa Portugis – Aceh melakukan beberapa kali perlawanan terhadap bangsa Portugis. Mengutip dari buku Sejarah Peminatan Paket C Setara SMA/MA Kelas XI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perlawanan tersebut dipimpin langsung oleh tokoh-tokoh berikut ini:

  1. Sultan Ali Mughayat Syah yang memimpin Aceh pada tahun 1514-1530 berhasil mengusir Portugis dari wilayah Aceh.
  2. Sultan Alaudin Riayat Syah al-Qahar (1538-1571) menentang kekuatan Porutgis dengan bantuan Turki.
  3. Sultan Alaudin Riayat Syah, pengganti dari Sultan Alaudin Riayat al-Qahar juga menyerang bangsa Portugis di Malaka tahun 1673 dan 1575,
  4. Sultan Iskandar Muda (1607-1638) pernah dua kali menyerang bangsa Portugis di Malaka, yaitu pada tahun 1615 dan 1629.
You might be interested:  Tari Saman Yang Berasal Dari Aceh Dalam Penyajiaanya Dipimpimpin Oleh?

Alasan Ternate melakukan perlawanan apa?

Pemimpin Rakyat Aceh Dan Ternate Yang Melakukan Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 7: Alasan rakyat Ternate melawan Portugis. GridKids.id – Kids, berkat kekayaan rempah-rempahnya, Kepulauan Maluku menjadi incaran bangsa Barat sejak dahulu. Bangsa Eropa pertama yang berhasil mencapai Kepulauan Maluku adalah bangsa Portugis, yang datang pada tahun 1512 M.

Artikel ini akan membahas mengenai kunci jawaban kelas 5 SD tema 7 tentang alasan dari rakyat Ternate melawan kehadiran bangsa Portugis, Bagi yang belum tahu,Ternate adalah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama sebuah Pulau Ternate di Provinsi Maluku Utara. Kota Ternate pernah menjadi Ibu kota sementara provinsi Maluku Utara secara de facto dari tahun 1999 hingga 2010.

Kembali membahas mengenai sejarah Ternate dan bangsa Portugis. Apa yang menyebabkan rakyat Ternate melawan? Alasan Rakyat Ternate Melawan Portugis: Awalnya, kedatangan Portugis memang disambut dan memiliki hubungan baik dengan penguasa setempat. Baca Juga: Jawaban Pertanyaan Berdasarkan Teks Bacaan Namun, seiring berjalannya waktu hubungan Portugis dengan rakyat Maluku menjadi memburuk. Pemimpin Rakyat Aceh Dan Ternate Yang Melakukan Pixabay Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 7: Alasan rakyat Ternate melawan Portugis. Namun, koalisi dan kerjasama ini akhirnya mengalami perpecahan. Peperangan mulai dilancarkan oleh rakyat Ternate pada 1530-an, ketika sultan-sultan mereka dilanggar kedaulatannya oleh bangsa Portugis.

Salah satu pejabat Portugis yang paling diburu adalah Tristoa de Altaida, yang seringkali berlaku kasar terhadap sultan. Pada titik ini, Tidore akhirnya bergabung dengan Ternate untuk bersama-sama mengusir Portugis. Bahkan, ada bantuan pula dari pasukan dari Papua dan Jawa yang dikerahkan untuk memburu Tristoa.

Perlawanan Terhadap Portugis: 1. Alasan Ternate melakukan perlawanan: Portugis menjadi serakah, ikut campur dalam pemerintahan Ternate, dan bersikap sewenang-wenang. Baca Juga: Latar Belakang Kedatangan Portugis di Indonesia yang Merupakan Penjajah Pertama di Nusantara 2.