Pelabuhan Banda Aceh Ke Sabang?

0 Comments

Pelabuhan Banda Aceh Ke Sabang
Jadwal Penyebrangan Kapal Dari Banda Aceh ke Sabang – Pelabuhan Ulele lheue Banda Aceh Sebenarnya ada 2 jenis Kapal yang bisa kita Naiki untuk Ke Pulau Weh atau Kota Sabang dari Banda aceh maupun sebaliknya. Yang pertama adalah Kapal Lambat alias Kapal Ferry roro milik asdp yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam pelayaran dari banda aceh ke sabang. Kapal Cepat Bahari Express Penyebrangan Aceh ke Sabang Dari Banda aceh kita harus menuju pelabuhan Ulele yakni Pelabuhan penyebrangan Kapal ke pelabuhan Balohan yang ada di Pulau weh alias Kota Sabang. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Banda Aceh menuju Pelabuhan Ulele.

Apa nama pelabuhan di Sabang?

Keberadaan pelabuhan penyeberangan yang representatif menjadi syarat utama untuk memajukan wilayah kepulauan. Pelabuhan merupakan prasarana utama untuk mendukung perputaran roda perekonomian pada tiap kawasan di Aceh yang terpisah oleh laut. Jika dilihat dari potensi, Sabang memiliki banyak hal yang dapat dikembangkan dan dioptimalkan.

Di antaranya adalah fasilitas yang dapat mengoptimalkan potensi sekaligus mendatangkan penghasilan dan keuntungan bagi kawasan. Revitalitasi Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang dilakukan mengingat kondisi pelabuhan sudah tidak layak lagi. Kondisi pelabuhan semrawut dan sangat sempit, dengan infrastruktur dan areal parkir yang terbatas.

Infrastruktur Pelabuhan Penyeberangan Balohan yang telah diredesain menjadi public area, yang dapat dimanfaatkan bukan hanya oleh pengguna jasa pelabuhan, juga seluruh masyarakat Sabang. Proyek ini meliputi pembangunan Gedung Kapal Lambat, Pembangunan Gedung Kapal Cepat, Pembangunan Gedung Souvenir dan Kafetaria, Jembatan Moveable Bridge (MB) untuk kapal lambat, pemancangan sheet pile, jembatan tipe A dan jembatan tipe B, jembatan tipe C, serta reklamasi dan pemagaran pada areal pelabuhan seluas 4,5 hektare.

  1. Pembangunan pelabuhan ini menggunakan anggaran APBN melalui Multiyers Contract Tiga Tahun sejak tahun 2017 sampai tahun 2019.
  2. Revitalisasi ini seharusnya telah rampung pada tahun 2019 bila pengerjaan dimulai dari tahun 2017.
  3. Namun, dikarenakan pengerjaan dimulai pada pertengahan tahun 2018, maka waktu pengerjaannya ditambah hingga tahun 2020.
You might be interested:  Jelaskan Sistem Kekerabatan Yang Dibangun Dalam Kehidupan Masyarakat Aceh?

Upaya ini sejatinya memiliki tiga tujuan. Yaitu, sebagai upaya meningkatkan standar keamanan dan kenyamanan Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang, memberikan image positif untuk Kota Sabang sebagai kawasan wisata dengan bangunan publik yang memiliki standar pelayanan yang baik.

  • Terakhir, untuk memberikan alternatif pilihan yang lebih banyak bagi para penumpang atau pengunjung Pelabuhan Penyeberangan Balohan.
  • Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Sabang melakukan rapat bersama Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan Aceh serta Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) terkait pengelolaan Pelabuhan Balohan.

Pemkot Sabang menyatakan kesiapannya dalam mengelola Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik. Transportasi ke Sabang Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI telah menetapkan Kota Sabang sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) pada tahun 2011.

Apakah Sabang Masih Aceh?

Sabang adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara pulau Sumatra, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar.

Apa nama pelabuhan Jayapura?

Pelabuhan Depapre terletak di Teluk Tanahmerah, Kota Jayapura. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pelabuhan petikemas, curah cair, dan curah kering.

Apa nama pelabuhan di Merauke?

Pelabuhan Merauke terletak di Kabupaten Merauke, Papua. Pelabuhan ini memiliki dermaga sepanjang 158 meter dan gudang terbuka seluas 600 meter persegi.

Apa nama pelabuhan di Timika?

Pelabuhan Pomako di Timika Beroperasi Normal.