Mengapa Pada Abad Xvi Rakyat Aceh Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis Jelaskan Secara Singkat?

0 Comments

Mengapa Pada Abad Xvi Rakyat Aceh Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis Jelaskan Secara Singkat
Ketika Portugis berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511 dan melakukan monopoli perdagangan di wilayah Selat Malaka, pada saat yang bersamaan Kerajaan Aceh Darussalam juga sedang berkembang menjadi bandar perdagangan yang ramai dan bahkan bersaing dengan Malaka.

Ambisi Portugis yang ingin memonopoli perdagangan di wilayah Aceh. Portugis melarang orang-orang Aceh berlayar untuk berdagang melewati Laut Merah. Penangkapan kapal-kapal Aceh oleh Portugis.

Untuk mempertahankan diri, kapal-kapal dagang Aceh dilengkapi dengan persenjataan, seperti meriam dan menempatkan prajurit untuk pengawalan. Selain itu, Sultan Ali juga meminta bantuan persenjataan dari Kalikut (India) dan Jepara. Pada tahun 1568, pasukan Kesultanan Aceh Darussalam menyerang Portugis di Malaka.

  1. Namun, serangan ini gagal lantaran kekutan militer Portugis lebih tangguh.
  2. Setahun kemudian, Portugis menyerang Aceh, namun dapat digagalkan pasukan Aceh.
  3. Rakyat Aceh kembali menyerang Portugis pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636).
  4. Serangan di tahun 1629 itu mampu membuat Portugis di Malaka kewalahan.

Pada 1641, kekuasaan Portugis di Malaka melemah seiring kehadiran VOC dari Belanda yang kemudian merebut wilayah itu. Dengan demikian, rakyat Aceh melakukan per­lawanan terhadap salah satu bangsa Eropa yang saat itu berhasil menduduki wilayah Malaka di abad ke XVI, yaitu bangsa Portugis.

Mengapa pada abad XVI Aceh melakukan perlawanan terhadap Portugis jelaskan singkat?

Mengapa Pada Abad Xvi Rakyat Aceh Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis Jelaskan Secara Singkat RaymondSutanto, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1: Apa Alasan Aceh dan Ternate Melakukan Perlawanan terhadap Portugis serta Siapa Pemimpin Perlawanan Itu? Bobo.id – Teman-teman, pada materi pelajaran kelas 5, tema 7, subtema 1, kita mempelajari tentang peristiwa kebangsaan masa penjajahan.

  • Di antara berbagai peristiwa penting pada masa penjajahan, ada juga perlawanan bangsa Indonesia terhadap Portugis.
  • Salah satunya, perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Ternate dan Aceh.
  • Apa alasan rakyat Aceh dan Ternate melakukan perlawanan terhadap Portugis, ya? Kemudian, siapa pemimpin rakyat Aceh dan Ternate saat melakukan perlawanan terhadap Portugis dan bagaimana hasil perlawanan itu? Cari tahu kunci jawabannya, yuk! Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1: Apa Arti Gold, Glory, dan Gospel yang Menjadi Semboyan Penjelajah Eropa? Apa Alasan rakyat Aceh dan Ternate Melakukan Perlawanan terhadap Portugis? Bangsa Portugis merupakan bangsa Eropa pertama yang datang ke Indonesia.
You might be interested:  Yang Menjadi Pendiri Dari Kerajaan Aceh Adalah?

Bangsa Portugis tiba di Indonesia (Nusantara) pada 1511, tepatnya di wilayah Malaka. Alasan rakyat Aceh melakukan perlawanan terhadap Portugis adalah adanya persaingan dagang antara pedagang Portugis dengan pedagang Nusantara. Saat itu, pedagang dari Portugis ingin selalu menguasai perdagangan. Mengapa Pada Abad Xvi Rakyat Aceh Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis Jelaskan Secara Singkat Designed by macrovector / Freepik Ilustrasi penjelajahan bangsa Eropa abad pertengahan Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Subtema 1: Apa Faktor yang Melatarbelakangi Bangsa Eropa Melakukan Penjelajahan Samudra? Pemimpin Rakyat Aceh dan Ternate dalam Perlawanan terhadap Portugis Dalam perlawanan terhadap Portugis, rakyat Aceh dipimpin oleh: – Sultan Ali Mughayat Syah (pemimpin Kerajaan Aceh tahun 1514 – 1528) yang berhasil membebaskan Aceh dari upaya penguasaan bangsa Portugis.

Jelaskan apa yang membuat terjadinya perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis?

Latar belakang terjadinya perlawanan kesultanan Aceh adalah tindakan Portugis yang menjadi pesaing berat dalam perdagangan di Malaka yang melakukan monopoli perdagangan serta Portugis dianggap sebagai ancaman yang dapat menggagalkan cita-cita Aceh dan mengganggu kedaulatan Aceh.

Mengapa terjadi perlawanan rakyat terhadap Portugis?

KOMPAS.com – Portugis merupakan salah satu pelopor penjelajahan samudra dan menjadi bangsa Eropa pertama yang mencapai Kepulauan Nusantara. Bangsa Portugis pertama kali mendarat di Indonesia di daerah Malaka pada 1509. Setelah menguasai Malaka pada 1511, wilayah lainnya juga menjadi incaran hingga memicu perlawanan rakyat Indonesia terhadap Portugis,