Mengapa Aceh Dijuluki Sebagai Serambi Mekah?

0 Comments

Mengapa Aceh Dijuluki Sebagai Serambi Mekah
Dari itu Nuruddin menyebut Aceh sebagai Serambi Makkah, karena tempat persinggahan calon jamaah haji yang hendak ke kota Makkah.

Serambi Madinah adalah julukan kota apa?

Daerah – Gorontalo adalah salah satu kota tua yang penuh sejarah di Sulawesi. Kota yang berada di Teluk Tomini itu, sejak dulu terkenal sebagai pusat perdagangan dan pelayanan jasa lainnya bagi Gorontalo dan sekitarnya. Berjuluk Kota Serambi Madinah, kota ini menjadi pusat penyebaran agama Islam di Kawasan Indonesia Timur.

Gorontalo Masuk Sulawesi Apa?

Sejarah Terbentuknya Provinsi – Terinspirasi oleh semangat Hari Patriotik 23 Januari 1942, maka pada tanggal da bulan yang sama pada tahun 2000, rakyat Gorontalo yang diwakili oleh Dr. Ir. Nelson Pomalingo, MPd ditemani oleh Natsir Mooduto sebagai ketua Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Gorontalo Tomini Raya (P4GTR) serta sejumlah aktivis, atas nama seluruh rakyat Gorontalo mendeklarasikan berdirinya Provinsi Gorontalo yang terdiri dari Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo terlepas dari Sulawesi Utara.Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No.10 tahun 1964 yang isinya adalah bahwa Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo merupakan wilayah administrasi dari Propinsi Sulawesi Utara.

Kapan Gorontalo berdiri?

Kabupaten Gorontalo dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah-daerah Tingkat II di Sulawesi dengan ibu kota di Isimu. Pada tahun 1978 ibu kota daerah ini dipindakan di Limboto. Berdasarkan penandatanganan perjanjian ikatan kekeluargaan u’dulowo lim lo pohalaa (kerjaan Gorontalo, kerjaan Limboto, Kerajaan Suwawa, Kerajaan Boalemo dan Kerjaan Atinggola), ditetapkan hari lahir Kabupaten Gorontalo pada tanggal 26 November 1673.

  1. Abupaten Gorontalo memiliki luas wilayah 1.750,83 km², dengan jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Gorontalo yakni sebanyak 355.988 jiwa atau 34,22% dari total penduduk.
  2. Setelah ditetapkannya Provinsi Gorontalo sebagai wilayah mekarran dari Sulawesi Utara pada tanggal 22 Desember 2000, daerah ini kemudian secara resmi menjadi bagian dari Provinsi Gorontalo.Kabupaten Gorontalo telah mengalami tiga kali pemekaran.
You might be interested:  Lagu Yang Berasal Dari Daerah Nanggroe Aceh Adalah Lagu?

Pemekaran pertama pada tahun 1999 yang melahirkan Kabupaten Boalemo, pemekaran ke dua pada tahun 2003 yang melahirkan Kabupaten Bone Bolango, dan terakhir pada tahun 2007 yang melahirkan Kabupaten Gorontalo Utara.