Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Sekarang?

0 Comments

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Sekarang
Vragen en antwoorden Een vraag stellen V: (Vertaald door Google) Bid voor mij, nodig een vriend uit bij de Baiturrahman-moskee (Origineel) Doakan saya, menjemput jodoh di Masjid Baiturrahman A: (Vertaald door Google) Lekker gans (Origineel) Nice gan (Nog 11 antwoorden) Alle vragen bekijken (87)

Mengapa Masjid Baiturrahman memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Aceh?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Koordinat : 5°33′13″N 95°19′1.9″E  /  5.55361°N 95.317194°E

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman
Informasi umum
Letak Banda Aceh, Aceh, Indonesia
Afiliasi agama Islam
Deskripsi arsitektur
Arsitek Gerrit Bruins
Jenis arsitektur Masjid
Gaya arsitektur Kebangkitan Mughal
Peletakan batu pertama 1879
Rampung 1881
Spesifikasi
Kapasitas 30.000
Luas bangunan 1.500 m 2 (16.000 sq ft)
Kubah 7
Menara 8

Masjid Raya Baiturrahman ( Pegon :مسجد راي بايتوررحمن) adalah sebuah Masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia. Masjid Raya Baiturrahman adalah simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh. Masjid ini adalah landmark Banda Aceh sejak era Kesultanan Aceh dan selamat dari bencana gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004 silam.

Apa itu Masjid Raya Baiturrahman?

Sejarah masjid raya baiturrahman – Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Sekarang Keindahan yang Dimiliki Masjid, foto: instagram.com/qurratu_falmuriat Dibalik kemewahan dan kemegahan bangunanya, ikon religi kota aceh tersebut ternyata menyimpan rentetan sejarah yang begitu panjang. Tempat ibadah ini awalnya dibangun pada masa kesultanan aceh yang saat itu dinahkodai oleh sultan iskandar muda, tepatnya pada tahun 1606-1636 masehi. Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Sekarang Masjid Raya Baiturrahman Tanpa Payung, foto: instagram.com/arabiyani Selanjutnya pada tahun 1873 masehi, rakyat aceh juga sempat menggunakan bangunannya sebagai markas pertahanan dalam menghadapi peperangan dengan tentara belanda. Di tahun itu, masjid ini juga sempat dibakar oleh tentara belanda ketika melancarkan serangan ke ibu kota banda aceh.

Saat itu pula seorang pimpinan tentara belanda yang bernama mayjen khihler, berhasil ditembak mati oleh pasukan aceh di halaman depan. Peristiwa peperangan pasukan aceh dengan tentara belanda yang menewaskan mayjen khihler tersebut kemudian diabadikan dalam bentuk bangunan sebuah monumen kecil yang terletak persis di bawah pohon ketapang di sebelah kiri bangunan.

#KaryaWaskita Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Lalu untuk meredam kemarahan masyarakat aceh atas terbakarnya masjid raya baiturrahman, pada tahun 1879 pihak belanda akhirnya membangun kembali tempat ibadah ini dengan mengusung konsep bangunan bergaya india.

You might be interested:  Lagu Bungong Jeumpa Merupakan Lagu Daerah Aceh Yang Menceritakan Bunga?

Apa nama masjid yang paling megah di Banda Aceh?

Lukisan Masjid Raya Kesultanan Aceh yang asli, Masjid ini merupakan yang paling megah pada abad ke-18 di Banda Aceh Kerajaan Belanda membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman pada saat Sultan Muhammad Daud Syah Johan Berdaulat masih bertahta sebagai Sultan Aceh yang terakhir

Berapa harga tiket dari Banda Aceh ke mmasjid Raya Baiturrahman?

Lokasi masjid raya baiturrahman dan rute menuju ke sana – Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Sekarang Halaman di Depan Masjid, foto: instagram.com/mrivalhsb_98 Masjid raya baiturrahman berlokasi di tengah kota banda aceh. Sehingga untuk sampai ke sana tidaklah begitu sulit. Jika anda datang dari luar aceh, maka anda bisa menggunakan jalur udara menuju banda aceh dengan harga tiket termurahnya sebesar Rp.1.000.000 pulang pergi.

Setelah sampai di bandara sultan iskandar muda, anda bisa menggunakan angkutan kota atau menyewa jasa travel untuk mengantar langsung ke masjid raya baiturrahman. Namun bagi anda yang memilih jalur darat dengan menggunakan angkutan umum. Maka anda bisa menuju terminal rawamangun dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke kota banda aceh.

Adapun bila anda memilih jalur laut, maka anda bisa memulai perjalanan dari pelabuhan tanjung priok dengan tujuan belawan. Dari belawan kemudian anda bisa menuju lokasi menggunakan bis. Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes! Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat.